Di Pelabuhan Ini Sistem Tiket Sudah Mirip Bandara

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
20 June 2019 18:56
Di Pelabuhan Ini Sistem Tiket Sudah Mirip Bandara
Jakarta, CNBC Indonesia - Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya resmi menerapkan e-ticketing dan gate in online. Penerapan itu diberlakukan bagi kapal penumpang dan kapal ro-ro yang akan berlayar dari Tanjung Perak ke pelabuhan lainnya.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Agus Purnomo, hadir langsung meluncurkan peresmian sistem ini. Menurutnya, penerapan  ini membuat penumpang mendapatkan banyak kemudahan.

"Ke depan masyarakat bisa lebih mudah merencanakan perjalanannya karena bisa memesan tiket dengan mudah dengan harga yang relatif murah," ujar Agus, di sela peluncuran sistem itu, di Surabaya, Kamis (20/6/2019).



Kebijakan ini merupakan keinginan yang telah lama ingin dicapai. Ia mendorong agar program e-ticketing dan gate in online ini tidak usah dibuat terlalu rumit. Sistem ini cukup mengadopsi atau mengkolaborasikan sistem di bandara dan kereta api yang sudah berlaku selama ini.

"Kalau bandara dan stasiun bisa bagus, pelabuhan juga harus bagus," serunya.

Untuk itu, perlu dilakukan sosialisasi agar masyarakat mendapatkan informasi yang cukup ketika datang ke pelabuhan. Mereka yang sudah punya tiket bisa langsung cetak boarding pass, masuk ruang tunggu lalu naik kapal sehingga dapat mengurangi kepadatan di pelabuhan.


"Yang terpenting bagaimana kita mengedukasi masyarakat sejak awal untuk membeli tiket secara online, jangan membeli tiket di pelabuhan agar dapat mengurangi kepadatan," pungkasnya.

Selain Agus, peluncuran sistem ini dihadiri pula segenap di lingkungan Ditjen Perhubungan Laut, Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur, jajaran PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero), Ketua DPC INSA Surabaya, Pimpinan Perusahaan Operator Kapal Penumpang dan Ro-Ro.


(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading