China Airlines Jual Tiket di Indonesia, Bagaimana Faktanya?

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
14 June 2019 13:05
China Airlines Jual Tiket di Indonesia, Bagaimana Faktanya?
Jakarta, CNBC Indonesia - Jejaring media sosial sempat dihebohkan dengan informasi soal China Airlines. Muncul spekulasi maskapai asing ini menjual tiket dengan rute domestik, dan beroperasi di Indonesia.
    
Kabar ini mendapat tanggapan dari Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. Ia mencoba meluruskan, menurut Budi, sejauh ini China Airlines belum diperkenalkan menerbangi rute penerbangan domestik di Indonesia.

"Tidak ada, sebenarnya tidak ada. Itu codeshare, antara Garuda dengan itu [China Airlines]," kata Budi Karya di kantornya, Jumat (14/6/2019).



Pada tangkapan dari informasi yang beredar di media sosial, China Airlines memang turut memasarkan tiket sejumlah rute penerbangan antar kota di Indonesia. Ada 18 rute yang ditawarkan, namun dengan kolaborasi nomor penerbangan (flight number) CI (China Airlines) dan GA (Garuda Indonesia).

Selain penerbangan di dalam negeri, terdapat pula kolaborasi bersama Garuda Indonesia dengan rute ke luar Indonesia. Di antara Singapore - Surabaya, Denpasar - Perth, Surabaya - Singapore, dan Perth - Denpasar.

Di bagian bawah tangkapan informasi yang beredar, tertulis jelas bahwa layanan itu dioperasikan oleh Garuda Indonesia. Artinya China Airlines hanya melayani untuk penerbangan internasional dari kota di luar negeri ke kota-kota di Indonesia, yang kemudian untuk penerbangan domestiknya untuk tujuan kota-kota lain di Indonesia, tetap dioperasikan oleh Garuda Indonesia.




Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub, Hengki Angkasawan, menambahkan bahwa Garuda Indonesia memang memiliki MoU dengan China Airlines. Kolaborasi ini berlangsung dengan skema B to B alias business to business dalam skema yang biasa disebut sebagai codeshare. Praktik ini adalah berbagi rute penerbangan internasional.

"China Airlines dia hanya menjual market tapi penerbangan domestik, penerbangan nasional itu Garuda," tandasnya.

Hal ini juga tidak melanggar aturan yang berlaku. Sebab, sejauh ini China Airlines juga memiliki izin terbang dengan rute Internasional dari China ke sejumlah kota di Indonesia seperti Jakarta dan Denpasar.

"Itu adalah praktik yang lazim. Itu sudah diumumkan oleh maskapainya, ada code sharing sekalian promosi kan," katanya. (hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading