Banyak Jalan Tol, Jonan: Impor BBM Bisa Sentuh 1 Juta Barel

News - Yanurisa Ananta, CNBC Indonesia
13 June 2019 13:10
Banyak Jalan Tol, Jonan: Impor BBM Bisa Sentuh 1 Juta Barel
Jakarta, CNBC Indonesia- Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mewanti-wanti akan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) yang bakal membengkak. Terutama dengan hadirnya jalan-jalan tol yang dibangun pemerintah.

Dalam acara peluncuran B30, Menteri Jonan menyinggung soal konsumsi BBM yang sudah tinggi di Indonesia dan mengakibatkan impor BBM lebih dari setengah juta barel sehari.




Akibatnya, ada dampak dalam neraca dagang yang harus disiasati pemerintah salah satunya dengan menghadirkan bahan bakar alternatif. Di antaranya adalah dengan menerapkan kebijakan B20 sejak September lalu, yang terbukti bisa menekan konsumsi bensin jenis solar.

Meski begitu, tantangan untuk konsumsi BBM di negeri masih tinggi. Apalagi dengan terus hadirnya pembangunan jalan tol untuk memudahkan akses transportasi masyarakat. "Pemerintah dorong pembangunan jalan tol, jika dibangun konsumsi BBM akan naik pelan-pelan tapi pasti. Jika jalan tol ini semakin banyak, sebelum 2025 impor BBM bisa sampai 1 juta barel," ujarnya.

Angka ini naik 2 kali lipat dibanding saat ini. Untuk itu, lanjutnya, dihadirkan B20 dan B30. "Tujuannya campuran Fame ini supaya neraca dagang tidak terlalu defisit untuk bahan bakar."

Diharapkan konsumsi biodiesel dalam negeri di 2025 akan meningkat hingga mencapai 6,9 juta kilo liter. Adapun konsumsi biodiesel pada tahun 2018 telah mencapai 3,8 juta kilo liter, dimana implementasi B20 telah dilakukan.

(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading