Arus Balik Lebaran, Simak Jadwal One Way Tol Trans Jawa

News - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
04 June 2019 06:39
Waktu pelaksanaan one way arus balik Lebaran 2019 adalah pada 7 Juni hingga 10 Juni dimulai pukul 12.00 WIB sampai dengan 24.00 WIB.
Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Perhubungan bersama Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas) dan PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) menggelar rapat perencanaan arus balik Angkutan Lebaran 2019, Senin (3/6/2019).

Rapat yang diadakan di kantor pusat Jasa Marga di Jakarta dihadiri di antaranya oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi, Kepala Korlantas Refdi Andri, dan Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani.


Dari rapat itu diputuskan bahwa waktu pelaksanaan one way adalah pada 7 Juni hingga 10 Juni dimulai pukul 12.00 WIB sampai dengan 24.00 WIB.


One way akan diterapkan mulai dari KM 414 Kalikangkung sampai dengan KM 70 Cikampek Utama. Selanjutnya, diberlakukan contraflow dari KM 70 hingga KM 65 atau sesuai dinamika di lapangan dengan pertimbangan dari pihak kepolisian.

"Dengan diberlakukannya one way, kita mengimbau masyarakat untuk melakukan perjalanan mulai sholat subuh sehingga perjalanan siang atau sore masuk Jakarta," kata Budi, dikutip dari pernyataan resmi.

Arus Balik Lebaran, Simak Jadwal One Way Tol Trans JawaFoto: infografis/ramai- ramai tinggalkan jakarta/Aristya Rahadian Krisabella

"Karena perjalanan kalau tengah malam, rest area penuh sehingga mereka istirahat di bahu jalan. Dampaknya adalah hambatan di rest area," lanjutnya.

Ia juga mengimbau agar masyarakat mengatur waktu kepulangan mereka kembali ke Jakarta agar para pengguna jalan tidak mengantuk atau kelelahan sebelum tiba di tujuan.

Sebelumnya pada kesempatan berbeda, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memprediksi puncak arus balik Lebaran 2019 akan terjadi pada 8-9 Juni mendatang, rentang waktunya lebih pendek dibanding arus mudik tahun ini.


"Tanggal 8 dan 9 Juni itu akan puncak sekali. Bisa dibayangkan kepadatannya karena pada waktu arus mudik ada waktu 8 hari, sementara untuk arus baliknya hanya 4 atau 5 hari," kata Budi Karya di Pelabuhan Kalianget, Kabupaten Sumenep, Senin (3/6/2019), dikutip dari keterangan resmi.

Untuk itu, ia menyarankan pemudik untuk melakukan perjalanan balik pada tanggal 6,7, atau 10 Juni agar tidak terkena macet di perjalanan.
(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading