Tak Cuma Tol, Rest Area Juga Dibuka-Tutup Demi Urai Kemacetan

News - Fikri Muhammad, CNBC Indonesia
09 June 2019 - 16:28
Tak Cuma Tol, Rest Area Juga Dibuka-Tutup Demi Urai Kemacetan Foto: Tol Cikampek Utama ramai lancar (CNBC Indonesia/Lidya J Sembiring)
Jakarta, CNBC Indonesia - Hari terakhir libur Lebaran 2019, Minggu (09/06/2019), diprediksi menjadi puncak arus balik para pemudik kembali ke Jakarta.

Pihak kepolisian dan PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) masih melakukan rekayasa buka tutup rest area Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta secara situasional saat terjadi kepadatan di tempat istirahat itu selama pengaturan lalu lintas satu arah atau one way berlangsung.



Buka tutup berlaku di rest area yang berpotensi menimbulkan titik kepadatan di Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta dan memaksimalkan efektivitas rekayasa lalu lintas one way.


Beberapa rest area yang mengalami buka tutup ini adalah yang berlokasi di KM 62B, KM 52B, KM 42B, dan KM 32B. Pemberlakuan kebijakan ini berlaku dari 8-10 Juni 2019 pukul 12.00-24.00 WIB.

Sementara itu, pemudik dari arah timur (Semarang/Cirebon) menuju Jakarta dapat beristirahat serta mengisi bahan bakar minyak (BBM) di sepanjang GT-Kalikangkung-GT-Cikampek Utama di beberapa titik rest area. Rest area tersebut terletak di KM 389B, 360B, 282B, 260B, 229B, 208B, 166B, dan 102B.

Kepala Badan Litbanghub Kementerian Perhubungan Sugihardjo mengatakan pihaknya tidak dapat menutup rest area meskipun titik ini kerap menjadi sumber kemacetan. Oleh karena itu, rekayasa buka tutup rest area arah Jakarta ini dilakukan.

Tak Cuma Tol, Rest Area Juga Dibuka-Tutup Demi Urai KemacetanFoto: Tol menuju Cirebon (CNBC Indonesia/Yuni Astutik)

"Kalau rest area ditutup sama sekali itu kan juga enggak benar. Orang udah mengemudi 4 jam lebih harus dikasih istirahat. Kalau nanti tidak dikasih, ada kecelakaan salah juga kita," ucap Sugihardjo di Posko Tingkat Nasional Angkutan Lebaran Terpadu 2019 di Kemenhub, Minggu.

"Sebaliknya kalau rest area dibiarkan penuh, efek antreannya sampai meluber. Itu macetnya di mana-mana, semua orang jadi tambah lama jalannya," lanjutnya.

Pagi tadi sekitar pukul 09.00, menurut Sugihardjo, terjadi kepadatan lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta yang berlangsung selama satu jam. Kemacetan itu terjadi terutama di titik kritis yakni titik pertemuan di KM 67 dan 62 rest area.


Untuk buka tutup rest area, Sugihardjo mengatakan para pemudik sudah diberi informasi melalui Instagram Jasa Marga.

"Memang hari ini padat tapi kalau liat fenomena yang menarik justru padat di hari kedua Lebaran. Mungkin hari pertama Lebaran dulu di sini, baru pulang kampung," ujarnya.

"Selama mudik justru fenomena menonjol hanya di hari kedua Lebaran, namun seluruhnya lancar," katanya. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading