Klaim Menteri Amran: Harga Pangan Strategis Stabil

News - Muhammad Iqbal, CNBC Indonesia
27 May 2019 18:39
Klaim Menteri Amran: Harga Pangan Strategis Stabil
Jakarta, CNBC INDONESIA - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menggelar acara Silaturahmi dan Buka Puasa Bersama Keluarga Besar Kementerian Pertanian di Auditorium Gedung F, Kantor Pusat Kementerian Pertanian, Jakarta, Senin (27/5/2019).

Dalam kesempatan itu, Amran mengklaim bahwa harga komoditas pangan strategis stabil. "Bahkan ada yang agak rendah," ujar Amran saat memberikan sambutan.


Ia mencontohkan komoditas bawang putih yang sempat meroket hingga Rp 100 ribu/kg di sejumlah daerah. Saat melakukan kunjungan kerja di Jawa Timur, beberapa waktu lalu, harga bawang putih turun hingga Rp 19.000/kg.


"Padahal target kami Rp 25 ribu per kg. Terima kasih pengertiannya para importir," kata Amran.

Namun demikian, dia berharap kepada para stakeholders yang hadir agar harga cabai tidak terlampau anjlok. Menurut dia, harga beli di tingkat petani masih ada yang menjual Rp 5.000/kg.

"Tolong dibeli Rp 8.000/kg. Kasihan petani kita," ujar Amran.

Dalam kesempatan itu, dia kembali memaparkan capaian Kementerian Pertanian di era pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla sejak Oktober 2014. Mulai dari turunnya inflasi bahan pangan dari 10,56% pada 2014 menjadi 3,0% pada 2018 hingga raihan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

"Ini kerja keras semua. Harus pertahankan, harus ditingkatkan," kata Amran.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading