Tenang, Trump Sebut Nego Dagang dengan China Jalan Terus

News - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
15 May 2019 11:43
Tenang, Trump Sebut Nego Dagang dengan China Jalan Terus
Washington, CNBC Indonesia - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, Selasa (14/5/2019), mengatakan perang dagang dengan China hanyalah pertengkaran kecil. Ia juga menegaskan perundingan kedua negara belum berakhir.

Trump tampaknya melunak dengan menyampaikan beberapa pernyataan bernada optimistis mengenai peluang tercapainya perjanjian antara AS dan China.

"Kami tengah mengalami pertengkaran kecil dengan China karena kami telah diperlakukan tidak adil selama berpuluh-puluh tahun," kata Trump kepada wartawan.


Ia juga membantah perundingan dengan China telah gagal setelah Washington menerapkan kenaikan bea impor terhadap berbagai produk Negeri Tirai Bambu senilai US$200 miliar Jumat pekan lalu. Langkah itu segera dibalas Beijing dengan mengumumkan kenaikan bea masuk produk AS senilai US$60 miliar yang akan berlaku 1 Juni mendatang.


"Pembicaraan kami tengah berlangsung. Perundingan selalu berlanjut," ujar Trump, dilansir dari Reuters. Ia menggambarkan diskusi dengan China sangat baik dan menyebut hubungannya dengan Presiden Xi Jinping luar biasa.

Sebelumnya, Trump menulis di Twitter bahwa AS akan membuat kesepakatan dengan China di waktu yang tepat dan mengatakan hal itu akan terjadi lebih cepat dari perkiraan.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Geng Shuang juga mengatakan China dan AS sepakat untuk terus melanjutkan pembicaraan mereka.

Tenang, Trump Sebut Nego Dagang dengan China Jalan TerusFoto: Infografis/Perang Dagang/Edward Ricardo


(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading