Ambisi Jokowi: Ada Bank Syariah yang Masuk 10 Besar

News - Fikri Muhammad & Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
14 May 2019 17:01
Ambisi Jokowi: Ada Bank Syariah yang Masuk 10 Besar
Jakarta, CNBC Indonesia- Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) yang diketuai oleh Presiden Joko Widodo berambisi membawa bank syariah masuk dalam 10 total aset perbankan nasional. Hal ini disampaikan dalam konferensi pers peluncuran Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia 2019-2024.

Direktur Eksekutif KNKS Ventje Rahardjo mengatakan pihaknya sudah memulai beberapa inisiatif yang merujuk pada masterplan, termasuk penguatan bank syariah.

"Kami berharap ada bank syariah yang bisa masuk dalam 10 besar total aset perbankan nasional. Sisi lain kita mendorong jaminan sosial syariah yg hari ini kita tanda tangan MoU-nya," kata Ventje dalam konferensi pers sebelum peluncuran Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia 2019-2024 , Selasa (14/05/2019).

Menurutnya yang akan digenjot dari sisi ritel banking, agar bisa tumbuh seimbang. Untuk itu, inisiatif dari KNKS adalah memunculkan bank investasi yang berkaitan dengan syariah. Selain itu, dengan persatuan direktur keuangan Indonesia akan membawa ke perbankan syariah.


Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) dan Kepala Bappenas sekaligus Sekretaris KNKS Bambang Brodjonegoro mengatakan dalam beberapa tahun ke depan, perlu ada bank syariah berskala besar. Untuk itu Bank syariah yang ada saat ini perlu memperbaiki kinerjanya.

"Yang kami bayangkan, kita punya industri halal yang kuat yang financing-nya berasal dari lembaga keuangan dan syariah indonesia. Bukan bank syariahnya keliling nawarin atau terima kredit kualitas nomer dua. Itu yang harus kita benahi terlebih dahulu," kata dia.


Selama ini perbankan syariah di Indonesia banyak yang memberikan pembiayaan uang, tetapi belum menunjang industri halal di Indonesia.
Padahal, Indonesia berada dalam posisi 10 untuk industri halal dunia berdasarkan laporan Global Islamic Economy Report.

"Karena itu kami ingin melakukan perbaikan dari sisi permintaan ekonomi syariah sektor riil yakni industri halal," ujarnya.

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading