Terowongan Tembus Bukit Kereta Cepat Jadi, Rini: Mimpi Jokowi

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
14 May 2019 13:17
Terowongan Tembus Bukit Kereta Cepat Jadi, Rini: Mimpi Jokowi
Bandung, CNBC Indonesia- Terowongan pertama kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB) akhirnya tembus. Pecah telor ini berlangsung di Tunnel Walini, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Selasa (14/5/2019).

Terowongan ini rampung setelah pengerjaan yang dilaksanakan selama 15 bulan. Terowongan dengan panjang 608 meter ini menjadi tunnel pertama dari 13 tunnel KCJB lainnya yang berhasil ditembus.




Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, mengaku bahwa proses penggarapan proyek ini bukan tanpa aral melintang. Dikatakan ada sejumlah kendala besar, terutama menyangkut pembebasan lahan.

"Dan banyak hal yang lain. Banyak pihak yang mungkin mempertanyakan apa itu kereta cepat. Perlukah kereta cepat? Membutuhkan waktu yang sangat panjang, [...] sehingga proyek pembangunan bisa berjalan sangat lancar di enam bulan terakhir ini," kata Rini di lokasi proyek.

Terowongan Tembus Bukit Kereta Cepat Jadi, Rini: Mimpi JokowiFoto: PT Kereta Cepat Indonesia China menggelar “Walini Tunnel Breakthrough” yang akan dilaksanakan di Tunnel Walini, Bandung Barat, Jawa Barat. (CNBC Indonesia/Muhammad Choirul)


Menurut Rini, proyek KCJB ini merupakan salah satu impian Presiden Joko Widodo. "Ini adalah impian dari bapak Presiden, yang tadi juga ditekankan bapak Gubernur [Ridwan Kamil]," imbuhnya.

Dia menegaskan bahwa tujuan utama KCJB bukan sebagai moda transportasi semata-mata. Lebih dari itu, KCJB dapat diharapkan ikut membangun kota-kota baru.

"Kita bisa mengurai konsentrasi-konsentrasi di kota besar Jakarta dan Bandung untuk membentuk kota baru, sehingga membentuk perekonomian baru."

"Dari situ diharapkan kita bisa lebih meratakan pendapatan, sehingga masyarakat kita lebih banyak yang lebih sejahtera," urainya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PT KCIC Chandra Dwiputra menyampaikan apresiasi kepada para kontraktor atas keberhasilannya menembus Tunnel Walini. Sebagai tunnel pertama yang berhasil ditembus, Tunnel Walini memiliki lebar diameter dalam mencapai 12,6 meter dan lebar diameter luar mencapai 14,3 meter.

Terowongan yang berlokasi di Kecamatan Cikalongwetan, Bandung Barat ini memiliki wesel di dalamnya. Selain itu juga dilengkapi 2 jalur kereta cepat dengan posisi DK95+472 pada inlet dan DK96+080 pada outlet. Sisi outlet dari tunnel ini akan langsung terhubung dengan Stasiun Walini.

Terowongan Tembus Bukit Kereta Cepat Jadi, Rini: Mimpi JokowiFoto: PT Kereta Cepat Indonesia China menggelar “Walini Tunnel Breakthrough” yang akan dilaksanakan di Tunnel Walini, Bandung Barat, Jawa Barat. (CNBC Indonesia/Muhammad Choirul)


"Berkat dukungan dari seluruh pihak, kini, Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung telah mencapai progress 17,38%. Pembangunannya sedang digelar secara masif dan merata di berbagai titik guna mencapai target progress pada akhir tahun sebesar 59,78%," bebernya.

Pengerjaannya sendiri melibatkan lebih dari 120 pekerja konstruksi dengan penggalian tunnel mencapai rata 
- rata 35 meter dan pengecoran secondary lining rata-rata 36 meter setiap bulannya. (gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading