Ini Lokasi Ibu Kota RI yang Menurut Jokowi Paling Siap

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
08 May 2019 15:57
Kali ini, lokasi yang ditinjau berada di Provinsi Kalimantan Tengah.
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali meninjau lokasi yang akan menjadi alternatif ibu kota Indonesia. Kali ini, lokasi yang ditinjau berada di Provinsi Kalimantan Tengah.

Ini merupakan lokasi kedua yang disambangi Jokowi, setelah sehari sebelumnya meninjau lokasi calon ibu kota yang ang berada di Provinsi Kalimantan Timur, seperti dikutip melalui keterangan resmi, Rabu (8/5/2019).

Lokasi yang ditinjau kepala negara kali ini disebut dengan kawasan segitiga, yang bertempat di antara Kota Palangkaraya, Kabupaten Katingan, dan Kabupaten Gunung Mas, Provinsi Kaimantan Tengah.


Ini Lokasi Ibu Kota RI yang Menurut Jokowi Paling SIapFoto: Presiden Joko Widodo mengunjungi kawasan Bukit Soeharto di Kalimantan Timur (Biro Pers Sekretariat Presiden/Rusman)


"Kalau dari sisi keluasan, di sini mungkin paling siap. Mau minta 300 ribu hektare ya siap di sini. Kalau kurang masih tambah lagi juga siap," jelas Jokowi saat berada di lokasi peninjauan.



Menurut Jokowi, keunggulan wilayah ini adalah lahan yang cukup luas sampai dengan keunggulan dari sisi kebencanaan. Namun, tidak bagi ketersediaan infrastruktur transportasi.

"Sekali lagi, ini menyangkut aspek yang tidak hanya satu-dua. Urusan banjir mungkin di sini tidak. Urusan gempa di sini tidak. Tapi kesiapan infrastruktur harus dimulai dari nol lagi," tuturnya.

Sebelumnya, Jokowi sempat menyambangi Tugu Soekarno yang merupakan tiang sebagai batu pertama pembangunan Kota Palangka Raya pada 17 Juli 1957. Batu tersebut diletakkan sendiri oleh Presiden Sukarno.

Usai melaksanakan ibadah tarawih di Masjid Darul Arqam, Palangkaraya, Jokowi bersama Gubernur Kalimantan Tengah Soegianto akan meninjau tiga sampai empat lokasi tersebut dari udara maupun darat.

"Titiknya besok dari atas. Mungkin di Katingan, Gunung Mas, dan Palangkaraya dilihat. Kalau masih ada waktu, ke Pulau Pisau," kata Jokowi, seperti dikutip melalui laman setkab.go.id, Rabu (8/5/2019).




(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading