Sambangi Kalimantan Timur, Jokowi Puas Lihat Bukit Soeharto

News - Muhammad Iqbal, CNBC Indonesia
08 May 2019 13:41
Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menuntaskan kunjungan kerja ke Kalimantan Timur (Kaltim), Selasa (7/5/2019).

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menuntaskan kunjungan kerja ke Kalimantan Timur (Kaltim), Selasa (7/5/2019). Dalam kesempatan itu, Jokowi menyambangi salah satu wilayah yang disebut-sebut sebagai kandidat kuat ibu kota, yaitu Bukit Soeharto.

Dilansir dari situs resmi Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, Rabu (8/5/2019), Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi memberikan gambaran perihal sikap Jokowi selepas mengunjungi kawasan tersebut.


"Hasil peninjauan di lapangan Bapak Presiden (Joko Widodo) merasa puas," kata Hadi di VVIP Room Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Balikpapan usai melakukan peninjauan di lapangan bersama Jokowi.


"Secara teknis menurut beliau, Kaltim menarik dapat dijadikan ibu kota negara. Sebab, adanya Bandara Internasional SAMS Balikpapan dan Bandara APT Pranoto Samarinda. Juga, ada pelabuhan besar di Balikpapan. Fasilitas itu menjadi sarana pendukung bagi Kaltim dijadikan ibu kota Indonesia," lanjutnya.



Selain dari sisi teknis, ada keunggulan lain yang dimiliki Kaltim. Termasuk dari sisi sosial politik di mana Kaltim merupakan salah satu provinsi yang sangat kondusif, masyarakat terbuka dan tidak pernah ada kerusuhan yang terjadi.

"Terkait provinsi mana yang dipilih menjadi ibu kota negara, kita serahkan ke Presiden yang menentukan. Kalau disetujui tentu kita berharap Kaltim akan semakin maju dalam berbagai bidang pembangunan," ujar Hadi.

Sambangi Kalimantan Timur, Jokowi Puas Lihat Bukit SoehartoFoto: Presiden Joko Widodo mengunjungi kawasan Bukit Soeharto di Kalimantan Timur (Biro Pers Sekretariat Presiden/Rusman)


Kepala Bappeda Kaltim Zairin Zain membantu memberikan penjelasan kepada Presiden Jokowi terkait lokasi yang ditawarkan.

"Kita sudah siapkan areal seluas lima ribu hektare di sisi kanan jalur tol Balikpapan-Samarinda (ke arah laut/pantai). Ke depannya, jika masih diperlukan, kita siapkan tiga ribu hektare lagi. Semuanya masih di areal Bukit Soeharto," kata Zairin.



Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengemukakan ditunjuknya Kaltim menjadi salah satu calon ibu kota negara tentu dengan berbagai pertimbangan. Menurut Rizal Balikpapan tentu tidak terlepas dari kebijakan khususnya untuk penyiapan lahan.

"Untuk penunjangnya kita sudah ada. Seperti Bandara Internasional SAMS, termasuk pelabuhan lautnya dan jalan tol. Begitu juga lahannya," ujarnya.

Simak video terkait kunjungan Jokowi ke Kalimantan Timur di bawah ini.

[Gambas:Video CNBC]


(miq/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading