Bukit Soeharto Kalimantan Timur Batal Jadi Ibu Kota Baru RI?

News - Anastasia Arvirianty & Efrem Siregar, CNBC Indonesia
16 August 2019 19:07
Bukit Soeharto Kalimantan Timur Batal Jadi Ibu Kota Baru RI? Foto: Presiden Joko Widodo mengunjungi kawasan Bukit Soeharto di Kalimantan Timur (Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta, CNBC Indonesia - Teka-teki perihal lokasi pasti ibu kota baru RI belum terjawab. Saat menyampaikan pidato kenegaraan dalam Sidang Bersama DPD/DPR RI di ruang rapat paripurna, Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2018), Presiden Joko Widodo (Jokowi) hanya menyebut Pulau Kalimantan sebagai lokasi ibu kota pengganti Jakarta.

Sekadar mengingatkan, Jokowi sempat mengunjungi dua kandidat ibu kota baru di Kalimantan beberapa waktu lalu. Kedua lokasi itu adalah Gunung Mas (Kalimantan Tengah) dan Bukit Soeharto (Kalimantan Timur).

"Sudah dicek semua. Risiko paling minimal, termasuk risiko dari kebakaran hutan. Kan jenis tanahnya yang penting itu bukan masalah hutan tapi masalah tanahnya. Kalau tanah gambut itu berisiko. Tanah batu bara berisiko. Kita cari yang lokasinya jauh dari gambut dan batu bara," ujar Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro di kantor pusat Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (16/8/2019).




Lantas, bagaimana dengan Bukit Soeharto? Kawasan itu sudah ditawarkan secara langsung oleh Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor kepada pemerintah pusat.

"Itu hutan lindung jadi kita gak boleh sentuh itu sebagai tempat pemukiman gitu. Kan saya bilang Bukit Soeharto hutan lindung dan kita komit untuk gak ganggu lingkungan apalagi hutan lindung," ujar Bambang.

[Gambas:Video CNBC]


(miq/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading