Kim Jong Un Akan Bertemu Putin di Rusia, Bahas Apa?

News - Wangi Sinintya Mangkuto, CNBC Indonesia
23 April 2019 18:24
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un akan segera mengunjungi Rusia untuk bertemu Presiden Vladimir Putin, tulis media pemerintah Korea Utara, Selasa (23/04/2019).
Seoul, CNBC Indonesia - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un akan segera mengunjungi Rusia untuk bertemu Presiden Vladimir Putin, tulis media pemerintah Korea Utara, Selasa (23/04/2019).

Sebuah surat kabar Rusia melaporkan kedua pemimpin akan bertemu pada Kamis di Vladivostok.

Kunjungan itu adalah bagian dari upaya Kim membangun dukungan asing bagi rencana pembangunan ekonominya, kata para analis. Ini dilakukan setelah gagalnya pertemuan tingkat tinggi antara Amerika Serikat (AS)-Korea Utara yang kedua di Vietnam pada Februari tahun lalu.


Gagalnya pertemuan itu berarti tidak ada keringanan sanksi bagi Korea Utara dari Negeri Paman Sam.


Korean Central News Agency (KCNA) mengatakan kunjungan itu akan segera dilangsungkan, tetapi belum merinci waktu dan lokasinya.

Surat kabar Kommersant Rusia melaporkan kunjungan itu dijadwalkan pada 25 April di Vladivostok. Surat kabar itu mengutip dari dua sumber yang mengetahui proses persiapan kunjungan.

Belum ada komentar resmi dari Kremlin, tetapi juru bicara Dmitry Peskov mengatakan kepada wartawan bahwa Putin dan Kim akan bertemu pada akhir April.

Kim Jong Un Akan Bertemu Putin di Rusia, Bahas Apa?Foto: Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden AS Donald Trump berbicara di taman hotel Metropole selama Korea Utara-AS kedua. KTT di Hanoi, Vietnam 28 Februari 2019. (REUTERS / Leah Millis)

Kepala ajudan Kim, Kim Chang Son, terlihat di Vladivostok pada Minggu, menurut kantor berita Korea Selatan Yonhap.

Rusia telah bertahun-tahun terlibat dalam upaya membujuk Korea Utara menghentikan program nuklirnya, juga terlibat dalam apa yang disebut perundingan enam pihak (bersama dengan dua Korea, Jepang, Amerika Serikat dan China) yang terakhir diadakan pada 2009.

Kim Jong Un Akan Bertemu Putin di Rusia, Bahas Apa?Foto: Presiden Rusia Vladimir Putin (REUTERS/Maxim Shemetov)

Kementerian luar negeri Korea Selatan mengatakan pihaknya memahami agenda tersebut akan mencakup hubungan Rusia-Korea Utara, denuklirisasi, dan kerja sama regional.

"Rusia berbagi pandangan dengan kami, seperti pencapaian denuklirisasi lengkap di Semenanjung Korea dan penyelesaian perdamaian permanen," kata juru bicara kementerian luar negeri Kim In-chul di Seoul, seperti dilansir dari Reuters.

"Saya berharap pertemuan ini akan menghasilkan kemajuan positif."
(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading