Pemilu 2019

Jonan Beberkan 4,5 Tahun Capaian Energi Era Jokowi

News - Anastasia Arvirianty, CNBC Indonesia
17 April 2019 14:10
Jonan Beberkan 4,5 Tahun Capaian Energi Era Jokowi Foto: Menteri ESDM Ignasius Jonan didampingi Istri saat menghadiri TPS untuk memberikan suara pada Pemilu 2019. (dok ESDM)
Jakarta, CNBC Indonesia- Pemerintahan Jokowi periode 2014-2019 akan segera habis periode. Dalam 4,5 tahun, berbagai hal telah dilakukan untuk berbagai sektor, tidak terkecuali untuk sektor energi dan sumber daya mineral (ESDM).

Menteri ESDM Ignasius Jonan menuturkan, dalam 4,5 tahun ini, sejumlah capaian-capaian telah ditorehkan di sektor energi. Ia menyebutkan, dari sisi penerimaan negara khususnya sektor ekstraktif, setiap tahunnya mengalami peningkatan.




Sedangkan, dari sisi pengembangan komitmen, misalnya hilirisasi, Jonan mengatakan, sejauh ini terus berjalan walaupun tidak terlalu cepat. 

"Perlahan-lahan kalau kita firm, makin lama hilirisasi makin jalan," tuturnya ketika dijumpai usai memberikan hak suaranya di TPS 099, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (17/4/2019).

Selain itu, ia manambahkan, dari sisi pengembangan teknologi juga makin baik. Tidak ketinggalan ia mencontohkan, misalnya di sektor pertambangan umum hampir tidak ada pengelolaannya itu oleh pihak asing. "Kecuali Freeport yang masih patungan, tapi mayoritas kepemilikan kan tetap Indonesia," imbuhnya.

Untuk sektor migas, lanjut Jonan, kalau dilihat misalnya di hulu migas, saat ini blok-blok besar seperti Rokan dan Mahakam sudah dialihkelola oleh PT Pertamina (Persero). 

Jonan menilai, semakin lama BUMN migas tersebut juga semakin berminat untuk mengelola blok-blok migas raksasa. "Saya sudah bilang ke Pertamina, kalau dikelola anak bangsa sendiri output-nya harus membaik, jangan malah menurun."

"Intinya pemerataan pembangunan, mendukung kebijakan Bapak Presiden (Jokowi) tentang keadilan sosial, BBM Satu Harga, rasio elektrifikasi, dan sebagainya," pungkas Jonan.

Saksikan video buka-bukaan Menteri Jonan di bawah ini

[Gambas:Video CNBC] (gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading