Pemilu 2019

Luhut: Jangan Ditakuti & Dimarahi, Pilih Pakai Nurani!

News - Fikri Muhammad, CNBC Indonesia
17 April 2019 11:31
Luhut: Jangan Ditakuti & Dimarahi, Pilih Pakai Nurani!
Jakarta, CNBC Indonesia- Menteri Kordinator Bidang Kemaritiman Luhut Pandjaitan  tercatat sebagai Daftar Pemilih Tambahan di TPS 005 RW. 02 Kelurahan Kuningan Timur, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan.

Dari keterangan pengumuman dijelaskan terdapat 289 daftar pemilih tetap yang akan mencoblos. Sedangkan untuk Daftar Pemilih Tambahan sebanyak 19 pemilih.

Luhut: Jangan Ditakuti & Dimarahi, Pilih Pakai Nurani!Foto: Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan saat menghadiri TPS untuk memberikan suara. (CNBC Indonesia/Fikri Muhammad)





Luhut datang ke lokasi bersama istri dan anak-anaknya. Kompak dengan pakaian putih. Sambil tertawa, Luhut mengatakan bahwa pakaian putih yang ia kenakan sesuai arahan. Juga ia senang pakai baju putih dari dulu.

Pada pelaksanaanya, Luhut mencoblos pada jam 9 lewat pada pagi hari yang kemudian disusul oleh sang istri. Usai mencoblos, Luhut menunjukan jari kelingkingnya yang sudah bernoda tinta berwarna ungu.

Pada wartawan, Luhut mengungkapkan perasaannya pasca mencoblos. Ia mengungkapkan bahwa ini adalah proses yang panjang. Sudah hampir 8 bulan berkampanye dan sekarang adalah saat berdemokrasi. 

Pesan utamanya, memilih dengan hati nurani. "Tidak perlu ditakut-takuti tidak perlu di marah-marahi. Biarlah kalian yang muda-muda ini kedepan-nya supaya memilih pemimpin tuh dengan damai dengan nuraninya," kata Luhut.


Proses pencoblosan ini pun dipantau Luhut aman. Menurutnya, inilah proses demokrasi yang dewasa. 

"Tapi tadi saya cek di  Jawa timur, Jawa Tengah, Madura, Jawa Barat dan Jakarta ya alhamdulillah semua baik-baik ya. Jadi saya kira kita dewasa berdemokrasi. Tidak ada saya kira pikiran-pikiran untuk kecurangan" ucap Luhut di Jl. Denpasar, Kuningan, Jakarta (17/4/2019).

Memantau quick count, Luhut mengkonfirmasi bahwa ia akan melihat posko-posko di tempat relawan seperti bravo dan chakra.

Saksikan video Pemilu 2019 dalam angka:

[Gambas:Video CNBC] (gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading