Internasional

Katedral Notre-Dame Terbakar, Vladimir Putin Berduka

News - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
16 April 2019 17:13
Katedral Notre-Dame Terbakar, Vladimir Putin Berduka
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Rusia, Vladimir Putin, mengatakan masyarakat negaranya sangat berduka atas kebakaran yang melahap katedral Notre-Dame di Paris, Prancis, Senin (15/4/2019) malam.

Ia juga menawarkan bantuan membangun kembali katedral bersejarah itu.


"Notre-Dame adalah simbol sejarah Prancis, harta yang tak ternilai bagi kebudayaan Eropa dan dunia, salah satu situs terpenting bagi umat Kristiani," tulis Putin dalam pesannya kepada Presiden Prancis, Emmanuel Macron, dilansir dari AFP.


"Tragedi yang terjadi semalam di Paris meninggalkan kesedihan di banyak hati masyarakat Rusia," lanjutnya.

Putin mengatakan, dirinya berharap katedral berusia ratusan tahun itu akan segera dibangun kembali serta menawarkan untuk mengirim para ahli dari Rusia untuk membantu upaya tersebut.

Katedral Notre-Dame Terbakar, Vladimir Putin BerdukaFoto: Pemadam kebakaran melintas di kawasan Katedral Notre-Dame Paris, Prancis. REUTERS/Yves Herman

Macron sendiri telah berjanji akan membangun kembali Notre-Dame dan menyebutnya sebagai contoh terbaik dari arsitektur gothic katedral Prancis. Bangunan itu dikunjungi lebih dari 13 juta orang setiap tahunnya.

"Kita akan membangunnya bersama-sama. Tidak diragukan lagi ini akan menjadi takdir Prancis dan proyek kita dalam beberapa tahun ke depan," ujarnya, di depan katedral sebelum tengah malam tadi, dilansir dari Reuters.



Kantor kejaksaan Paris telah membuka penyelidikan terkait kebakaran tersebut. Beberapa sumber di kepolisian mengatakan mereka untuk saat ini tengah menyelidiki dugaan bahwa kebakaran itu adalah sebuah kecelakaan.


Saksikan video mengenai kebakaran katedral Notre-Dame berikut ini.

[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading