Internasional

Katedral Bersejarah Prancis Notre-Dame Runtuh Dilalap Api

News - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
16 April 2019 06:52
Katedral Bersejarah Prancis Notre-Dame Runtuh Dilalap Api
Paris, CNBC Indonesia - Kebakaran hebat melanda Katedral Notre-Dame di Paris, Prancis, Senin (15/4/2019). Api meruntuhkan atap bangunan bersejarah Paris itu namun petugas pemadam kebakaran mengatakan cangkang batu struktur bangunan berhasil diselamatkan.

Kebakaran yang bermula malam waktu setempat menyebar dengan cepat melalui atap bangunan berusia ratusan tahun itu. Api segera melalap menara katedral yang kemudian runtuh diikuti atap bangunan, dilansir dari Reuters.



Para petugas pemadam kebakaran berupaya mencegah api agar tidak meruntuhkan menara lonceng utama. Satu petugas dilaporkan terluka parah dan menjadi satu-satunya korban.


"Kami sekarang yakin dua menara Notre-Dame telah berhasil diselamatkan," kata kepala pemadam kebakaran Paris Jean-Claude Gallet kepada wartawan di lokasi kejadian.

Katedral Bersejarah Prancis Notre-Dame Runtuh Dilalap ApiFoto: Katedral Notre-Dame di Paris, Prancis, terbakar pada Senin (15/4/2019) malam. (Foto: REUTERS/Benoit Tessier)

"Kami sekarang menyatakan bahwa struktur utama Notre-Dame berhasil diselamatkan."

Masih ada risiko bahwa beberapa struktur interior katedral masih bisa runtuh dan para petugas pemadam kebakaran akan bekerja sepanjang malam untuk mendinginkan lokasi, ujarnya.

Mahkota berbentuk duri berusia berabad-abad yang terbuat dari alang-alang, emas, dan tunik yang dikenakan Saint Louis, raja Prancis abad ke-13, berhasil diselamatkan, kata ulama administrasi terkemuka Notre-Dame, Monsignor Patrick Chauvet.

Katedral Bersejarah Prancis Notre-Dame Runtuh Dilalap ApiFoto: Katedral Notre-Dame di Paris, Prancis, terbakar pada Senin (15/4/2019) malam. (Foto: REUTERS/Philippe Wojazer)

Namun, para petugas pemadam kebakaran sempat kesulitan menyelamatkan beberapa lukisan penting pada waktunya, katanya.

Kantor kejaksaan Paris telah membuka penyelidikan terkait kebakaran tersebut. Beberapa sumber di kepolisian mengatakan mereka untuk saat ini tengah menyelidiki asumsi bahwa kebakaran itu adalah sebuah kecelakaan. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading