Exit Poll Pemilu RI di Luar Negeri, Percaya?

News - Yanurisa Ananta, CNBC Indonesia
16 April 2019 08:58
Exit Poll Pemilu RI di Luar Negeri, Percaya?
Jakarta, CNBC Indonesia - Mendekati hari pencoblosan, kini beredar kabar hasil exit poll pemilihan suara Pemilu 2019 di sejumlah negara. Komisi Pemilihan Umum (KPU) menegaskan bahwa hasil penghitungan suara menggunakan metode exit poll tidak bisa jadi acuan hasil pemilihan WNI di luar negeri.

Exit poll merupakan survei yang dilakukan segera setelah para pemilih meninggalkan tempat pemungutan suara (TPS).

Komisioner KPU Hasyim Asy'ari menyatakan metode penghitungan exit poll memiliki kelemahan di luar negeri. Pasalnya, pencoblosan di luar negeri tidak semua dilakukan melalui TPS, tapi juga melalui pos dan kotak suara keliling (KSK). Sementara, exit poll dilakukan dengan mewawancarai pemilih yang baru selesai melakukan pencoblosan di TPS.


"Mungkin saja, tapi hanya untuk TPS, kalau metode pos, siapa yang ditanya. Kan baru dihitung nanti bareng-bareng tanggal 17 April [hari pencoblosan di Indonesia]. Metode KSK juga nanti dihitung tanggal 17," ucap Hasyim di STHI Jantera, Puri Imerium Office Plaza, Jalan Kuningan Madya, Jakarta Selatan, mengutip Detik.com, Senin (15/4/2019).

Menurut dia, hitung cepat di luar negeri bisa dilakukan setelah 17 April 2019, saat semua metode pengambilan suara di luar negeri diakumulasi. "Jadi di luar negeri, yang memungkinkan kalau quick count [hitung cepat], ketiga metode itu, pada tanggal 17 April," kata Hasyim.


Dia menerangkan, jika ada lembaga yang mengatakan telah mengeluarkan exit poll luar negeri, maka hitungannya tidak mewakili perolehan suara di luar negeri karena hanya satu metode yang dihitung.


Sebelumnya, beredar kabar hasil penghitungan exit poll pemilihan WNI di luar negeri di antaranya Belgia, Jerman, dan Yaman. Sebagian besar hasil penghitungan memenangkan pasangan calon nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, dari pasangan calon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin.


Simak ulasan soal kisruh Pemilu di luar negeri.
(tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading