Ada WNI Ajak Majikannya Lihat Proses Pencoblosan di Irak

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
15 April 2019 17:43
Ada WNI Ajak Majikannya Lihat Proses Pencoblosan di Irak
Jakarta, CNBC Indonesia - Warga Negara Indonesia (WNI) di Provinsi Erbil, Irak menyalurkan hak pilihnya dalam Pemilu 2019 melalui TPSLN, Minggu kemarin (12/4/2019).

Sebagaimana yang dilakukan oleh WNI di berbagai belahan dunia, masyarakat Indonesia yang tinggal di Irak antusias menjalani pemungutan suara untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, serta Anggota DPR RI Dapil Jakarta II.



Sebagai penyelenggara, KPPSLN TPSLN Erbil juga tampak semangat dalam memberikan layanannya kepada 137 WNI yang tinggal di Erbil dan sekitarnya, yang menyalurkan hak pilihnya.

"Para WNI tersebut merupakan pekerja domestik pada keluarga-keluarga Kurdistan, pekerja proyek bandara Erbil, pekerja profesional, dan ibu-ibu rumah tangga yang bersuamikan warga Kurdistan," tulis PPLN Baghdad dalam rilisnya, Senin.

KPPSLN juga menyediakan photo booth bagi para pemilih yang hadir. WNI di sana langsung menggunakan kesempatan itu untuk mengabadikan momen pencoblosan mereka.

Ada WNI Ajak Majikannya Lihat Proses Pencoblosan di IrakFoto: Suasana Pemilu di Irak, Minggu (14/4/2019). (Foto: Kedubes RI di Baghdad)

Penyelenggaraan pemungutan suara pada TPSLN Erbil ini mengakhiri rangkaian kegiatan Pemilu tahun 2019 pada PPLN Baghdad, yang dilakukan mulai tanggal 8 April 2019 hingga 12 April 2019.


Dalam penyelenggaraan Pemilu tahun 2019, PPLN Baghdad menggunakan Metode Pemungutan Suara Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri (TPSLN) di Erbil dan Kotak Suara Keliling (KSK) untuk menjangkau masyarakat Indonesia di kota-kota lainnya, masing-masing di Baghdad, Basra, Karbala, Najaf, dan Sulaymaniyah.

Metode pemungutan suara melalui KSK ini dilakukan karena jumlah WNI di provinsi-provinsi tersebut yang tidak terlalu banyak, di samping beberapa di antaranya mengalami kesulitan untuk mendatangi TPSLN.

Ada WNI Ajak Majikannya Lihat Proses Pencoblosan di IrakFoto: Suasana Pemilu di Irak, Minggu (14/4/2019). (Foto: Kedubes RI di Baghdad)

"Hal ini mengingat situasi keamanan yang belum sepenuhnya kondusif," tulis KBRI Baghdad.

Secara keseluruhan, dari 413 WNI yang tercatat dalam DPT, sebanyak 243 WNI telah menyalurkan hak pilihnya. Bahkan, ada juga WNI yang mengajak majikannya ke lokasi pemilu untuk mengenalkan bagaimana proses "Pesta Demokrasi Rakyat Indonesia" dilangsungkan tanpa menonjolkan perbedaan pilihan.


Saksikan video mengenai pemilu di luar negeri berikut ini.

[Gambas:Video CNBC]

(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading