Pemilu 2019

Jokowi-Amin Unggul Lagi di Luar Negeri, Kali Ini di Baghdad

News - Wangi Sinintya Mangkuto, CNBC Indonesia
18 April 2019 17:49
Jokowi-Amin Unggul Lagi di Luar Negeri, Kali Ini di Baghdad
Jakarta, CNBC Indonesia - Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo dan Ma'ruf Amin meraup mayoritas suara dalam pemilu luar negeri di Irak.

Hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara di wilayah kerja Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Baghdad menunjukkan bahwa Jokowi-Amin unggul dengan perolehan 153 (62,96%) suara, sedangkan Prabowo-Sandiaga memperoleh 89 suara atau 36,63%.



Penghitungan suara di wilayah Perwakilan RI Baghdad dilakukan Rabu (17/4/2019) pukul 09:00 waktu setempat.


Penghitungan dimulai di TPSLN Erbil, dihadiri oleh masyarakat Indonesia yang tinggal di Erbil dan disaksikan oleh Duta Besar LBBP RI untuk Republik Irak, beserta PPLN, KPPSLN, Home Staff, dan Pegawai Setempat KBRI Baghdad melalui video call.

Jokowi-Amin Unggul Lagi di Luar Negeri, Kali Ini di BaghdadFoto: Suasana Pemilu di Irak, Minggu (14/4/2019). (Foto: Kedubes RI di Baghdad)

"Penghitungan suara dilanjutkan untuk KPPSLN KSK Baghdad, Basra, Karbala, Najaf, dan Sulaymaniyah," tulis Ketua PPLN Baghdad Pranowo Prawirokusumo dalam keterangan resmi yang diterima CNBC Indonesia, Kamis.

Sementara itu, penghitungan perolehan suara Anggota DPR RI Dapil Jakarta II menunjukkan bahwa PDI Perjuangan mendapatkan suara terbanyak dengan perolehan 58 suara (23,97%), diikuti Partai Gerindra dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang masing-masing memperoleh 35 suara (14,46%).



Partai Golkar memperoleh 26 suara (10,74%) dan PKS meraih 25 suara (10,33%).

"Proses penghitungan suara pada semua KPPSLN di lingkungan PPLN Baghdad tersebut berjalan dengan lancar, tertib, dan aman," kata Pranowo.

(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading