Pemilu 2019

Jokowi Ungguli Prabowo dalam Pemilu Luar Negeri di Jerman

News - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
18 April 2019 07:29
Jokowi Ungguli Prabowo dalam Pemilu Luar Negeri di Jerman
Jakarta, CNBC Indonesia - Pasangan calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo dan Ma'ruf Amin unggul terhadap saingannya Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dalam pemilu luar negeri di Jerman.

Jokowi tercatat mendapatkan 1.384 suara atau 76,34% sementara Prabowo memperoleh 429 suara atau 23,66%. Surat suara yang tidak sah mencapai 40, menurut keterangan tertulis Kedutaan Besar RI di Berlin, Kamis (18/4/2019).



Dari perhitungan surat suara yang dilakukan, diketahui bahwa jumlah surat suara yang sah berkisar 99,98% dari total 1.853 surat yang diterima Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Berlin.


Tercatat 1.257 surat suara dari hasil pencoblosan langsung di TPS sementara 596 lainnya dikumpulkan melalui pos.

Jokowi Ungguli Prabowo dalam Pemilu Luar Negeri di JermanFoto: Pernyataan Capres dan Cawapres no urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin saat di Jakarta Theater. (CNBC indonesia/Lidya Kembaren)

Penghitungan suara yang berlangsung lancar tersebut dilakukan Rabu waktu setempat di KBRI Berlin dan disiarkan secara langsung di akun Facebook kedutaan.



"Ini di luar dugaan kita. Kita sebelumnya membayangkan akan banyak perdebatan tentang sah atau tidaknya surat suara. Namun hal itu tidak terjadi, semua berjalan sangat lancar dan hampir tak ada kendala," kata Roni Soesman, Ketua PPLN Berlin.

"Dalam waktu kurang dari tiga jam kita sudah bisa menghitung surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden, Alhamdulillah," tambahnya. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading