Pemilu 2019

Di Denmark, Jokowi Menang 80% Lawan Prabowo

News - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
18 April 2019 06:15
Di Denmark, Jokowi Menang 80% Lawan Prabowo
Jakarta, CNBC Indonesia - Penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri (TPSLN) Kopenhagen, Rabu (17/4/2019), telah selesai dilakukan dan hasilnya pasangan calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo dan Ma'ruf Amin unggul jauh.

Pemungutan suara di TPSLN tersebut dilakukan melalui pencoblosan langsung maupun lewat pos.



Jokowi tercatat meraih 440 suara atau 79,7% sementara pasangan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno mendapat 76 suara atau 13,7%. Terdapat 6,5% suara tidak sah, menurut keterangan tertulis Kedutaan Besar RI di Kopenhagen, dikutip Kamis (18/4/2019).


Total surat suara yang diterima TPSLN Kopenhagen adalah 552.

"Penghitungan surat suara untuk calon presiden dan wakil presiden di perwakilan Pemerintah RI di Kopenhagen digelar secara terbuka untuk masyarakat umum yang berstatus sebagai warga negara Indonesia (WNI)," tulis pernyataan tersebut.

Di Denmark, Jokowi Menang 80% Lawan PrabowoFoto: Penghitungan Suara Pemilu 2019 di Kopenhagen, Denmark, Rabu (17/4/2019). (Foto: Kedubes RI di Kopenhagen)

Penghitungan suara dilakukan mulai pukul 08.30 pagi waktu setempat dan disiarkan live di akun Facebook kedutaan.

"Proses penghitungan suara berlangsung dengan lancar dan tertib, masyarakat yang hadir juga mengikuti dengan antusias," ujar M. Ibnu Said, Dubes RI untuk Denmark merangkap Lithuania, yang hadir sepanjang proses penghitungan.



Pemungutan suara di Denmark dan Lithuania dilakukan dengan dua metode pilihan, yaitu mendatangi TPS di KBRI Kopenhagen dan pengiriman surat suara melalui
pos. Sedangkan metode kotak suara keliling (KSK) tidak dilakukan karena sudah tercover dengan dua metode lainnya.

Dengan total partisipan 552, pemungutan suara di TPS Kopenhagen menghasilkan tingkat partisipasi 77%. Jumlah Daftar Pemilih Tetap di PPLN Kopenhagen sebanyak 720 dan Daftar Pemilih Tambahan sebanyak 63. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading