Simak, Poin-poin Pertemuan Jokowi dan Raja Salman di Arab

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
16 April 2019 08:46
Simak, Poin-poin Pertemuan Jokowi dan Raja Salman di Arab
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo dan Raja Salman menggelar pertemuan bilateral di Istana Pribadi Raja (Al-Qasr Al-Khas) di Riyadh, Arab Saudi, Minggu sore (14/4/2019).

Presiden dan Ibu Negara tiba di Riyadh pukul 08.50 waktu setempat (12.50 WIB) di Bandara Internasional King Khalid, Riyadh.



Serangkaian agenda di ibu kota Arab Saudi ini merupakan bagian dari kegiatan kunjungan kenegaraan Presiden.


Pada sore harinya, Jokowi mengadakan pertemuan denganĀ Putra Mahkota Kerajaan Saudi Muhammad bin Salman dalam pertemuan yang dihelat di Istana Putra Mahkota Riyadh.

Selain melakukan pertemuan bilateral, Putra Mahkota juga menjamu Jokowi dalam santap malam bersama, seperti disampaikan melalui keterangan resmi Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin, Senin.

Simak, Poin-poin Pertemuan Jokowi dan Raja Salman di ArabFoto: Pertemuan Jokowi dan Raja Salman di Riyadh, Arab Saudi, Minggu (14/4/2019). (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Menteri Luar Retno Marsudi yang turut mendampingi Jokowi dalam pertemuan bilateral tersebut mengatakan Indonesia-Arab Saudi sepakat untuk membentuk mekanisme konsultasi tingkat pemimpin dan melakukan pertemuan setahun sekali.

"Indonesia-Saudi juga sepakat segera melakukan pertemuan untuk membahas investasi dan kerja sama ekonomi lain," kata Retno.

Arab Saudi juga tertarik melakukan kerja sama di bidang energi dan petrokimia. Jokowi juga menyampaikan bahwa Indonesia ingin menjadi bagian dari pelaksanaan Vision 2030 Arab Saudi.

Menurut Retno salah satu isu penting yang dibahas di pertemuan tersebut adalah soal kelanjutan proyek Kilang Cilacap.

Simak, Poin-poin Pertemuan Jokowi dan Raja Salman di ArabFoto: Pertemuan Jokowi dan Raja Salman di Riyadh, Arab Saudi, Minggu (14/4/2019). (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

"Salah satu isu lain yang dibahas adalah kemungkinan kerja sama antara Aramco dan Pertamina untuk Kilang Cilacap," ujar Retno, dikutip dari Setkab, Senin (15/4/2019).

Selain raja dan putra mahkota, dari situs sekretariat kabinet diketahui Presiden Jokowi bertemu dengan sejumlah petinggi Arab lainnya, termasuk Menteri Energi Industri dan Sumber Daya Mineral Kerajaan Arab Saudi.



Selain Menlu Retno, turut hadir mendampingi Presiden dalam pertemuan bilateral tersebut adalah Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dan Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel.

Presiden dan Ibu Negara beserta rombongan diagendakan kembali ke Tanah Air pada Senin (15/4/2019) malam, setelah menunaikan ibadah umrah. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading