Tak Hanya Mobnas, Prabowo Juga Janjikan Bikin Roket Sendiri!

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
12 April 2019 09:55
Tak Hanya Mobnas, Prabowo Juga Janjikan Bikin Roket Sendiri!
Jakarta, CNBC Indonesia - Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menjanjikan sebuah mobil nasional (Mobnas) buatan dalam negeri jika terpilih sebagai pemimpin negara dalam Pemilu 2019.

Anggota Dewan Pakar BPN Dradjad Wibowo mengemukakan, mobnas hanyalah awal baru bagi Indonesia untuk memajukan kapasitas teknologi bangsa.

"Mobnas diharapkan menjadi lokomotif untuk pengembangan tersebut. Rentetan berikutnya adalah industri kereta api, kapal, pesawat terbang, hingga roket," kata Dradjad kepada CNBC Indonesia, Jumat (12/4/2019).




Dradjad menjelaskan, kualitas sumber daya manusia yang dimiliki Indonesia cukup mumpuni untuk membuat suatu tekonologi permesinan kelas dunia, dan itu sudah terbukti.

Namun, negara diklaim minim keberpihakan dalam pengembangan teknologi permesinan. Alhasil, potensi yang selama ini ada justru tidak bisa dioptimalkan.



Prabowo-Sandi, kata Dradjad, pun akan mengembangkan biodesel seperti CPO dan produk lainnya, mengingat mesin yang saat ini digunakan di berbagai belahan dunia masih kurang kompatibel.

"B20 saja sudah banyak komplikasinya. Apalagi kadar yang lebih tinggi. Nah penguasaan teknologi permesinan, sebaiknya disinkronkan dengan pemakaian biodiesel. Sehingga, industrial linkage menjadi sangat kuat," tegasnya.

Simak video terkait tanggapan pihak asing terhadap pilpres 2019 di bawah ini.

[Gambas:Video CNBC] (miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading