Proyek LRT Dituding Anies Picu Banjir, Menhub Minta Bukti

News - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
08 April 2019 10:38
Proyek LRT Dituding Anies Picu Banjir, Menhub Minta Bukti
Jakarta, CNBC Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menilai proyek LRT Jabodebek dan Tol Becakayu menjadi biang kerok banjir di sejumlah titik, pekan lalu.

Anies menyampaikan kegeramannya melalui media sosial Facebook dan Instagram pada Kamis (4/4/2019) selepas meninjau lokasi di sepanjang jalan MT Haryono dan DI Panjaitan yang tergenang kala hujan deras.

Anies mendesak semua pihak tidak menganggap enteng persoalan tersebut. Apalagi, menurut dia, lokasi proyek tersebut terletak di jalan-jalan protokol.


Proyek LRT Dituding Anies Picu Banjir, Menhub Minta Bukti!Foto: Dokumentasi Facebook Anies Baswedan


"Kami minta pihak kontraktor Adhi Karya (LRT) dan Waskita Karya (Tol Becakayu) segera lakukan koreksi. Kami akan panggil mereka dan review semua proyek mereka di DKI Jakarta," ungkapnya.

"Ini semua ada di AMDAL (Analisa Mengenai Dampak Lingkungan). Ketika menyusun AMDAL, ada kewajiban-kewajiban untuk kontraktor menyiapkan semua instrumen pencegah banjir," lanjut Anies.

Anies menemukan bahwa saluran-saluran air di sepanjang jalan, tertutup oleh lumpur bekas galian dan pilar-pilar pembangunan LRT Jabodebek dan Tol Becakayu. Dia menilai, pihak kontraktor tidak mampu mengantisipasi volume air dari hujan deras.


Menanggapi pernyataan Anies, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta Anies meneliti lebih lanjut dan memberikan bukti. 


"Mungkin saya minta Pak Gubernur itu meneliti lebih jauh ya, kalau ber-statement itu kan ada buktinya," kata Budi Karya di kantor PT IPC, Tanjung Priok, Jakarta, Minggu (7/4/2019) seperti ditulis detik.com.

Proyek LRT Dituding Anies Picu Banjir, Menhub Minta Bukti!Foto: CNBC Indonesia/Anastasia Arvirianty



Terpisah, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit menyatakan saat ini Waskita Karya selaku kontraktor pelaksana proyek Tol Becakayu telah melakukan sejumlah upaya usai banjir tersebut. Salah satu cara adalah dengan membuat temporary channel (kanal sementara).

"Banjir masih dievaluasi lagi. Kalau akibat Tol Becakayu sudah diatasi di permukaan," ujar Danang.

Simak video terkait tarif LRT dan MRT di bawah ini.

[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading