Percaya Nggak? Kemenhub Bilang Tiket Pesawat Sudah Turun Lho!

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
05 April 2019 15:54
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengklaim tarif tiket maskapai penerbangan sudah turun. Percaya?
Jakarta, CNBC Indonesia - Keputusan Menteri Perhubungan yang memberlakukan tarif batas atas dan batas bawah baru untuk maskapai penerbangan membuat masyarakat penasaran.

Tapi yang jelas, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengklaim tarif tiket maskapai penerbangan sudah turun. Percaya?

"Selama ini sih kita lihat saja, belum ada yang melanggar aturan ya (batas atas dan bawah tiket pesawat). Kan diharapkan kemarin di dalam peraturannya memperhatikan juga kemampuan konsumen sehingga maskapai bisa menurunkan harga tiket," kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Polana Banguningsih Pramesti di Jakarta, Jumat (5/4/2019).


"Malah AirAsia lebih murah."



Polana menegaskan, tiket pesawat sudah turun tarifnya. Ia pun tengah mengecek di lapangan lebih jauh berapa penurunannya.

"Ini beberapa hari sudah turun tapi berapa turunnya di lapangan sedang dicek," kata Polana.

Namun ia mengakui, rata-rata memang tiket pesawat belum semua yang dijual mendekati batas bawah. Namun ia memastikan sudah ada yang mulai mendekati tarif batas bawah.

Pada kesempatan yang sama, Polana menyampaikan untuk kriteria tiket subclass batas bawah, pihaknya masih belum melakukan pembahasan apakah akan diatur atau tidak.

"Itu nanti kita masih pikirkan karena kita kan tidak mengatur bisnis ya, itu biar ranahnya maskapai."

"Kalau kita terlalu atur bisnis, maskapai kalau ada apa-apa kan perlu ada tanggung jawab juga. Kecuali kalau maskapai-nya bersubsidi. Itu lain lagi."





(dru/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading