Tembus Rp 28 T, Ini 5 Negara Tujuan Ekspor Perhiasan RI

News - Lidya Julita Sembiring Kembaren, CNBC Indonesia
04 April 2019 15:42
Tembus Rp 28 T, Ini 5 Negara Tujuan Ekspor Perhiasan RI
Jakarta, CNBC Indonesia - Industri perhiasan Indonesia berhasil mencatatkan ekspor sebesar US$ 2,05 miliar dolar atau Rp28 Triliun (kurs Rp14.000) sepanjang 2018. Hal itu lantaran produk perhiasan dalam negeri mampu berdaya saing global dan memiliki nilai tambah tinggi.

Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih mengatakan, ada banyak negara tujuan ekspor Indonesia. Namun, yang utama ada 5 negara yakni Singapura, Swiss, Hong Kong, Amerika Serikat dan Uni Emirat Arab.

"Lima negara tersebut mendominasi hingga 93,02% dari total ekspor produk perhiasan nasional pada tahun 2018," ujarnya di Jakarta, Kamis (4/4/2019).




Untuk memperluas industri perhiasan nasional di kancah global, Kemenperin akan memfasilitasi pelaku industri kecil dan menengah perhiasan nasional ikut terlibat dalam pameran-pameran yang berskala internasional.

Tahun ini, Kemenperin kembali memfasilitasi sebanyak 30 IKM perhiasan ikut memeriahkan pameran perhiasan. Mereka di antaranya berasal dari Surabaya, Mataram, Yogyakarta, Bali, Kalimantan Selatan, Bandung, Bogor, Banten, Aceh, Solo, Papua Barat, Bengkulu, dan Jakarta.

Tembus Rp 28 T, Ini 5 Negara Tujuan Ekspor Perhiasan RIFoto: Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih meninjau stan peserta Jakarta International Jewellery Fair 2019 di Jakarta, Kamis (4/4). (Dok. Kementerian Perindustrian)


Selain itu, beberapa produsen perhiasan di Indonesia juga telah menerapkan teknologi industri 4.0 guna meningkatkan produktivitas dan kualitas secara lebih efisien.

"Kami yakin dengan gencarnya kegiatan promosi secara offline, penjualan dan ekspor akan terdongkrak naik. Apalagi di pameran, konsumen bisa mendapatkan produk perhiasan berkualitas dengan harga bersaing serta memperluas wawasan mereka tentang perhiasan yang diproduksi dengan teknologi terbaru, desain terkini, dan ciri khas etnik budaya yang tinggi," jelasnya.

Simak video terkait ekspor di bawah ini.

[Gambas:Video CNBC]


(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading