Benderang, Lampu Tenaga Surya Terangi 28 Km Jalanan Cirebon

News - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
21 March 2019 19:24
Benderang, Lampu Tenaga Surya Terangi 28 Km Jalanan Cirebon
Jakarta, CNBC Indonesia - Kini jalan raya sepanjang 28 kilometer di Kabupaten dan Kota Cirebon, Jawa Barat diterangi lampu tenaga surya. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyerahkan 575 unit penerangan jalan umum tenaga surya (PJU-TS), yakni 525 unit untuk Kabupaten Cirebon dan 50 unit untuk kota Cirebon.

Menteri ESDM Ignasius Jonan mengatakan jika jumlah tersebut masih dirasa kurang mencukup kebutuhan penerangan, maka pemerintah daerah bisa mengajukan kembali. Dari 21.839 titik di seluruh Indonesia, Jawa Barat mendapatkan 2.230 titik atau lebih dari 10% pengadaan PJU-TS ditempatkan di 10%.

"Kalau mengajukan jangan tanggung-tanggung, hitung semua jalan provinsi dan jalan nasional berapa panjangnya itu yang bapak ajukan kepada kami, nanti kami yang akan menghitung berapa banyak kebutuhan PJU-nya," ujar Jonan, Kamis (21/03/2019).


Tahun ini Kementerian ESDM berencana membangun 21.280 PJU-TS, atau setara dengan menerangi jalan sepanjang sekitar 1.000-1.200 KM. PJU-TS yang telah dibangun selanjutnya akan dikelola dan dipelihara oleh Pemerintah Daerah pengusul.

PJU-TS adalah lampu penerangan jalan yang menggunakan cahaya matahari sebagai sumber energi listriknya, sehingga menjadi solusi untuk digunakan di jalan-jalan pada daerah yang belum terjangkau listrik PLN maupun pada daerah- daerah yang telah terlistriki PLN, namun ingin mengurangi konsumsi listrik daerahnya.

Tahun lalu, program ini direalisasikan di 26 Provinsi, dan di 166 Kabupaten dengan jumlah PJU-TS sebanyak 21.839 titik atau setara dengan melistriki jalan sepanjang 1.091 km jika dibentangkan secara lurus dengan jarak antar tiang 50 meter.

Serasa di Eropa, Ini Penampakan Kebun Angin Sidrap

[Gambas:Video CNBC] (dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading