CT Bicara Milenial, Konsumerisme Jadi Gaya Hidup

News - Yanurisa Ananta, CNBC Indonesia
21 March 2019 09:38
CT Bicara Milenial, Konsumerisme Jadi Gaya Hidup
Jakarta, CNBC Indonesia - Founder dan Chairman CT Corp, Chairul Tanjung, mengatakan saat ini era perubahan masuk ke hampir semua lini kehidupan, termasuk perubahan dari sisi demografi. Mengutip majalah Times, CT mengatakan saat ini muncul 'generasi me, me, and me' alias 'generasi gue'.

"Indonesia masuk era ini [generasi me], karena 64% populasi Indonesia di tahun 2020 di dominasi generasi milenial dan post-milenial," kata CT di hadapan para hakim dalam acara Seminar HUT Ikatan Hakim Indonesia (IKAHI), Jakarta, (Rabu, 20/03/2019).

"Karakter generasi milenial ini semuanya tergantung pada smartphone," katanya lagi.

Pada kesempatan itu CT menjabarkan ciri khas milenial, generasi yang lahir antara tahun 1980-2000 (usia saat ini 19-39 tahun). Milenial di mata CT ialah generasi yang ingin antara kegiatan bekerja dan bermain dilakukan bersama-sama.


Berbeda dengan generasi lain di mana bekerja untuk menabung dan untuk biaya pendidikan anak atau untuk keperluan menikah. Milenial cenderung menggunakan uang untuk kesenangan dan pengalaman.

"Liburan itu [dianggap] lebih penting dibanding beli aset. Kenapa? karena mau ke mana pun tinggal klik. Kalau sekarang tren menara Eiffel difoto lalu di-share ke sosmed lalu ada temannya tidak punya, itu harga diri terganggu," tuturnya.


Konsumerisme menjadi gaya hidup milenial, kata CT. Apalagi dengan adanya media sosial, membuat anak muda satu sama lain juga semakin terkoneksi. Sayangnya, banyak di antara mereka yang cepat percaya hoax alias berita palsu.

Namun demikian, lanjut CT, generasi milenial lebih sehat dibanding generasi terdahulu yang dinilainya malas berolahraga dan gemar makan makanan yang mengandung santan atau cepat saji (junk food).


"Mereka senang makan-makan salad yang light tapi mereka juga lebih big spender [hobi belanja]. Ini karakter yang ada di dalam generasi milenial dan post-milenial. Mereka tergantung dengan internet," ucapnya.

Hanya saja menurut CT adanya internet memudahkan orang untuk berkomunikasi dan membuka usaha. Banyak pengusaha yang bermodalkan handphone bisa menjalankan bisnis mereka.

CT pun mengingatkan bahwa kendati bermanfaat, pengguna perlu kehati-hatian mengingat kejahatan di dunia maya saat ini  cenderung meningkat.

"Melihat hal itu tentu kita memerlukan peraturan dan institusi hukum yang harus beradaptasi dengan perubahan zaman."

Simak paparan CT soal perubahan gaya hidup dewasa ini.

[Gambas:Video CNBC]

(tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading