Ini Fakta Terbaru Jatuhnya Lion Air JT 610

News - Tito Bosnia, CNBC Indonesia
21 March 2019 08:23
Hasil investigasi terbaru penyebab kecelakaan Boeing 737 Max milik Lion Air mulai menunjukkan sejumlah fakta-fakta baru.
Jakarta, CNBC Indonesia - Hasil investigasi terbaruĀ penyebab kecelakaan Boeing 737 Max milik Lion Air mulai menunjukkan sejumlah fakta-fakta baru.

Para pilot pesawat Lion Air JT 610 yang mengalami kecelakaan Oktober lalu dikabarkan membuka-buka sebuah buku panduan sesaat sebelum pesawat jatuh ke dalam air.

Mereka bermaksud mencari tahu alasan kenapa pesawat yang dikemudikannya meluncur ke bawah, tetapi tidak dapat menemukan jawabannya, kata tiga orang yang mengetahui isi perekam suara kokpit dari kotak hitam atau black box pesawat, dikutip dari Reuters.


Penyelidik yang memeriksa kecelakaan di Indonesia sedang mencari tahu bagaimana sebuah komputer dapat memerintahkan pesawat untuk terjun bebas sebagai respons terhadap data dari sensor yang salah. Mereka juga sedang mencari tahu apakah pilot yang bertugas saat itu memiliki cukup pelatihan untuk menanggapi keadaan darurat dengan tepat, serta beberapa faktor lainnya.


Ini adalah pertama kalinya isi dari perekam suara pesawat Lion Air nahas itu dipublikasikan. Tiga sumber tersebut meminta identitas mereka disembunyikan, tulis Reuters, Rabu (20/3/2019).

Fakta lainnya, satu hari sebelum jatuhnya pesawat Lion Air JT-610, 29 Oktober tahun lalu, pilot yang menerbangkan Boeing 737 MAX 8 yang sama sempat kehilangan kendali atas pesawat itu.

Akan tetapi, mereka diselamatkan oleh seorang kolega yang sedang tidak bertugas yang saat itu ikut mengendalikan di kokpit. Demikian laporan Bloomberg yang dikutip CNBC Indonesia, Rabu (20/03/2019).

Pilot yang tidak bertugas itu dengan tepat mengidentifikasi masalah yang dihadapi awak kabin dan membimbing mereka untuk menonaktifkan sistem kontrol penerbangan untuk menyelamatkan pesawat, menurut laporan itu. Laporan tersebut mengutip dua orang yang mengetahui investigasi kecelakaan itu.

Penyelidik mengatakan kerusakan sistem kontrol penerbangan hari itu identik dengan apa yang membuat pesawat yang sama jatuh di hari berikutnya, menurut laporan. Pesawat Boeing, yang dioperasikan oleh kru yang berbeda, jatuh di Laut Jawa, dan menewaskan 189 orang.

Ini Fakta Terbaru Jatuhnya Lion Air JT 610Foto: infografis/JATUHNYA LION AIR BOEING 737 MAX 8/Aristya Rahadian Krisabella

Sebelumnya, di saat Federal Aviation Administration (FAA) mengumumkan akan melarang sementara operasional Boeing 737 MAX seri 8 maupun 9, lembaga yang berdomisili di Washington DC itu mengklaim telah mengidentifikasi kesamaan antara kecelakaan Ethiopian Airlines di Addis Ababa, Minggu (10/3/2019), dengan kecelakaan Lion Air di Karawang, Oktober 2018.

Menteri Transportasi Ethiopia Dagmawit Moges menegaskan hal itu pada Minggu (17/3/2019). Moges merujuk pada data awal kotak hitam pesawat Ethiopian Airlines dengan nomor penerbangan 302 yang menunjukkan kesamaan dengan kecelakaan Lion Air.
(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading