Debat Cawapres 2019: UMR Naik Terus, Produktivitas Mentok

News - tahir saleh, CNBC Indonesia
17 March 2019 19:43
Debat Cawapres 2019: UMR Naik Terus, Produktivitas Mentok
Jakarta, CNBC Indonesia - Kepala Ekonom PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA) Adrian Panggabean menilai perlu ada konsepsi dan terobosan baru dalam kebijakan bidang pendidikan dan ketenagakerjaan dari para pemimpin baru Indonesia guna meningkatkan daya kompetitif tenaga kerja.

Selain itu, terobosan baru yang ditunggu pasar di dua bidang itu juga diharapkan akan bisa meningkatkan daya atraktif Indonesia di mata investor asing.

"Diharapkan Indonesia bisa lebih kompetitif dan sangat atraktif bagi offshore investor. Justru perlu ide baru, konsepsi bau, pandangan baru yang ingin didengar oleh pasar," kata Adrian dalam talkshow khusus soal Debat Cawapres 2019 di CNBC TV Indonesia, Minggu (17/3/2019).



Adrian mengungkapkan selama ini tingkat produktivitas tenaga kerja Indonesia tidak ada peningkatan. Ini yang membuat tingkat kompetitif tenaga kerja Indonesia rendah. Apalagi UU Ketenagakerjaan Tahun 2003 sudah berumur hampir 20 tahun. 

"Contoh, UMR [upah minimum regional] naik tiap tahun, beberapa persen, sementara produktivitas selama 20 tahun terakhir enggak naik, nol, maka terjadi divergen 50-60%. Itu kan problem. Ditambah lagi secara riil masalah inflasi lagi, ini menyebabkan ketimpangan pendapatan," katanya.


Dia menjelaskan ketimpangan pendapatan itu akan berpengaruh ke konsumsi masyarakat. Ini krusial karena konsumsi menyumbang 55% Produk Domestik Bruto (PDB). "Maka perlu ada terobosan dalam bidang pendidikan dan tenaga kerja, kalau enggak ada, berat."

Sebagai informasi, Debat Cawapres 2019 tahap ketiga ini mengusung tema "Pendidikan, Kesehatan, Ketenagakerjaan, serta Sosial dan Kebudayaan". 
Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 01, Ma'ruf Amin akan "bertarung" dengan cawapres nomor urut 02, Sandiaga Uno pada malam ini, Minggu (17/3/2019), di Hotel Sultan, Jakarta.

Adrian menilai tiga persoalan tersebut sangat penting dan berkaitan dengan daya saing Indonesia di masa mendatang. Dari topik itu, terutama ketenagakerjaan dan pendidikan adalah komponen besar dalam APBN sehingga berimplikasi terhadap pasar dan persepsi ekonomi.


Simak ulasan Adrian Panggabean, ekonom CIMB Niaga dalam video ini.
[Gambas:Video CNBC]
(tas/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading