Debat Cawapres 2019

Ini Strategi Ma'ruf Amin Pangkas Pengangguran Lulusan SMK

News - Samuel Pablo & Monica Wareza, CNBC Indonesia
17 March 2019 22:30
Ini Strategi Ma'ruf Amin Pangkas Pengangguran Lulusan SMK
Jakarta, CNBC Indonesia - Calon wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 01 Ma'ruf Amin menyatakan untuk menyelesaikan tingginya tingkat pengangguran lulusan SMK (sekolah menengah kejuruan) dengan tawaran solusi struktural dan solusi pasar.

Strategi ini merupakan jawaban atas pertanyaan cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno yang mempertanyakan tingginya tingkat pengangguran dari lulusan SMK. Saat ini sebesar 61% pengangguran berasal dari lulusan SMK.

Ma'ruf Amin mengatakan penyelesaian masalah struktural akan dilakukan melalui reformasi dari tingkat bawah sampai universitas, terutama di tingkat SMK.


"Kita akan revitalisasi SMK, politeknik dan akademi dan kita akan sesuaikan dengan tuntutan pasar dengan melibatkan dunia usaha dan industri," jelas Mar'uf Amin dalam Debat Cawapres di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3/2019).

Ma-ruf Amin menambahkan, pemerintah akan mendorong munculnya universitas siber di Indonesia agar bisa menghasilkan sarjana yang bagus secara kualitatif dan memiliki kesempatan untuk membuka lapangan kerja.

"Solusi market melalui balai tenaga kerja, melalui BUMN dan kursus. kami akan mengeluarkan kartu pra kerja supaya memperoleh semangat dan memberi insentif honor antara 6 bulan hingga 1 tahun," jelas Ma'ruf Amin.


(roy/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading