Disebut Pemerintah Rendah, Pengangguran RI Tertinggi di ASEAN

News - Anthony Kevin, CNBC Indonesia
17 March 2019 19:03
Foto: REUTERS/Robert Galbraith/File Photo
Jakarta, CNBC Indonesia - Debat calon wakil presiden akan digelar pada malam hari ini. Debat ini akan menjadi satu-satunya yang hanya melibatkan cawapres yakni Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno.

Pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, serta sosial dan budaya akan menjadi tema dalam debat hari ini.

Berbicara mengenai masalah ketenagakerjaan, belum lama ini Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebut bahwa tingkat pengangguran di Indonesia rendah.


"Pertumbuhan ekonomi dengan momentum makin tinggi disertai pengurangan kemiskinan, pertama kali single digit. CT (Chairul Tanjung, Chairman CT Corp) tahu betul turunkan di bawah 10% bukan hal mudah. Pengangguran rendah," sebut Sri Mulyani kala berbicara dalam acara CNBC Indonesia Economic Outlook 2019 pada 28 Februari lalu.

Memang, jika hanya berbicara mengenai Indonesia, tingkat pengangguran terbilang rendah. Per Agustus 2018, tingkat pengangguran di Indonesia tercatat sebesar 5,34%. Secara tren, tingkat pengangguran Indonesia berada dalam tren penurunan pasca pada tahun 2015 menembus level 6% untuk pertama kalinya sejak tahun 2013.



Namun jika dibandingkan dengan negara-negara ASEAN lainnya, tingkat pengangguran Indonesia ternyata menjadi yang tertinggi.

(ank/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading