Jelang Ma'ruf vs Sandi, Di Mana Jokowi dan Prabowo?

News - Tito Bosnia & Samuel Pablo, CNBC Indonesia
17 March 2019 16:33
Jelang Ma'ruf vs Sandi, Di Mana Jokowi dan Prabowo?
Jakarta, CNBC Indonesia - Dalam hitungan jam, debat antara calon wakil presiden nomor urut 01 KH Ma'ruf Amin dan cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3/2019), akan digelar.

Lantas, di mana capres nomor urut 01 yang juga petahana Joko Widodo (Jokowi) dan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto? Apakah mereka akan menyaksikan debat secara langsung?

Berdasarkan informasi yang dihimpun CNBC Indonesia, Jokowi kemungkinan akan datang selepas Rapat Konsolidasi H-30 Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2019 di Flores Ballroom, Hotel Borobudur, Minggu (17/3/2019) sore. Sementara Prabowo kemungkinan tidak dapat hadir karena masih di luar kota, tepatnya di Kalimantan Barat.




Dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, Minggu (17/3/2019), Jokowi sejak pagi berada di Sibolga, Sumatra Utara. Di sana, Jokowi meresmikan penataan dan pengembangan Pelabuhan Sambas.

"Tadi sudah saya sampaikan bahwa di sini bisa nanti ekspor langsung untuk CPO. Ini juga nanti baru dikerjakan, baru dikalkulasi, akan ada terminal, storage, di sini sehingga pelabuhan Sibolga benar-benar memberikan peningkatan ekonomi yang baik kepada kawasan sekitar karena kalau CPO di sini akan ada, ada terminal storage-nya," kata Jokowi.

Setelah itu, Jokowi meninjau lokasi dan memberikan bantuan kepada korban ledakan bom di Sibolga, Minggu (17/3) siang. Di sana, Jokowi mengaku terkejut dengan terjadinya ledakan bom bunuh diri yang dilakukan oleh Solimah, istri terduga teroris Husain alias Abu Hamzah, di Kecamatan Sibolga Sambas, Sibolga, Rabu (13/3/2019) lalu.

"Sibolga selama ini dikenal sebagai kota yang damai tidak ada perpecahan, tidak ada saling menghujat, kota berbilang tahun. Sehingga hubungan antar umat beragama sangat baik, rukun terus," ujar Jokowi.

Setelah itu, Jokowi dijadwalkan menghadiri Deklarasi Pengemudi Truk Sebagai Pelopor Keselamatan di Terminal Lama JICT, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Namun, hingga berita ini ditulis, Jokowi belum hadir.

Jelang Ma'ruf vs Sandi, Di Mana Jokowi dan Prabowo?Foto: Presiden Jokowi Resmikan Pengembangan Pelabuhan Sibolga (Ist: Biro Pers Sekretariat Presiden)


Sementara itu, Prabowo melakukan lawatan politik di Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Di ujung barat Pulau Kalimantan itu, Prabowo menerima gelar bangsawan dari Kesultanan Kadriah Pontianak.

Gelar bangsawan Kesultanan Pontianak diberikan langsung oleh Sultan Pontianak IX Syarif Machmud Alkadrie kepada Prabowo. Proses pemberian gelar bangsawan diawali dengan pembacaan sholawat Diba'i oleh pemuka adat Kesultanan Pontianak.

Prosesi selanjutnya adalah pembacaan sumpah penganugerahan gelar bangsawan Kesultanan Pontianak. Dalam prosesi itu, Prabowo diminta memegang teguh ajaran agama sebagaimana telah tertulis dalan Al-Qur'an dan sunnah.

"Sesungguhnya sultan memberikan gelar adat bangsawan Datuk Sri Setia Negara agar selalu menjadi tanggung jawab menerapkan ajaran Al-Quran dan sunnah," kata Sultan Syarif.

Jelang Ma'ruf vs Sandi, Di Mana Jokowi dan Prabowo?Foto: Dokumentasi Media Center Prabowo-Sandi




(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading