Boeing 737 MAX Diboikot Banyak Negara, Trump Telepon CEO

News - Wahyu Daniel, CNBC Indonesia
13 March 2019 11:46
Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, langsung menghubungi CEO Boeing, Dennis Muilenburg.
Washington, CNBC Indonesia - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, langsung menghubungi CEO Boeing, Dennis Muilenburg. Pembicaraan tersebut berkaitan dengan jatuhnya pesawat Boeing 737 MAX 8 milik Ethiopian Airlines pada hari Minggu lalu.

Kecelakaan Ethiopian Airlines ini menewasan 157 penumpang. Sebelumnya, pada Oktober 2018, jenis pesawat yang sama milik Lion Air juga jatuh dan menewaskan 189 penumpang. Model kecelakaannya juga sama, jatuh beberapa menit setelah lepas landas.

Dilansir dari sumber AFP, Rabu (13/3/2019), Trump menelepon CEO Boeing sesaat setelah menuliskan kicauan di akun Twitter yang mengatakan, "Pesawat sekarang makin kompleks untuk terbang."


Menurut sumber tersebut, Muilenburg meyakinkan Trump bahwa pesawat Boeing 737 MAX 8 aman dan andal. Pihak Boeing tidak mau berkomentar soal komunikasi Trump dengan Muilenburg.
Boeing 737 MAX Diboikot Banyak Negara, Trump Telepon CEO Foto: Infografis/Kecelakaan Boeing 737 Max 8/Edward Ricardo


Hingga kini, sudah ada 12 negara yang melakukan pelarangan sementara penerbangan pesawat Boeing 737 MAX 8.

Federal Aviation Administration (FAA), selaku otoritas penerbangan sipil AS, telah mengirimkan tim ke Ethiopia untuk melakukan investigasi jatuhnya Boeing 737 MAX 8 milik Ethiopian Airlines. Sampai saat ini belum ada perkembangan terkini investigasi.

"Kami akan terus terlibat dalam investigasi insiden dan akan membuat keputusan soal langkah-langkah yang harus dilakukan selanjutnya," ujar juru bicara FAA, Lynn Lunsford.

Seperti diketahui, seluruh negara Uni Eropa melarang adanya penerbangan Boeing 737 MAX 8 di wilayah udaranya, hingga ada perkembangan lebih lanjut soal investigasi kecelakaan tersebut.

Muilenburg sendiri merasa percaya diri bahwa Boeing 737 MAX dan seluruh variannya merupakan pesawat yang aman.

"Kami percaya pada keamanan 737 MAX," demikian bunyi email Muilenburg kepada para pekerja Boeing.

Saksikan video 'Black Box Pesawat Nahas ET-302 Ditemukan'

[Gambas:Video CNBC]

(wed/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading