ESDM: Satu Juta Orang di RI Belum Punya Akses Listrik

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
08 March 2019 18:10
ESDM: Satu Juta Orang di RI Belum Punya Akses Listrik
Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat masih ada sekitar 1 juta masyarakat yang belum memiliki akses listrik. Masyarakat tersebut tersebar di daerah-daerah pelosok di Indonesia.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana mengatakan, banyak tantangan yang dihadapi oleh pemerintah untuk menerangi daerah tersebut. Mulai dari akses infrastruktur hingga kemampuan daya beli masyarakat daerah tersebut.

"Alasan banyak, salah satunya adalah tentu saja karena medan atau kondisi alam di daerah itu. Contohnya, kayak di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang tidak hanya berbukit tapi juga berbatu sehingga susah bahkan untuk pasang tiang (listrik)," ungkap Rida di Kementerian ESDM, Jumat (8/3/2019).




Selain itu, untuk pelosok juga membutuhkan biaya lebih tinggi terutama untuk menggali perbukitan yang berbatu. Kemudian, tantangan tersebut juga memperlambat sehingga masih belum bisa teraliri listrik.

Kendala lainnya, berasal dari masyarakat itu sendiri yang tidak mampu memasang sambungan listrik padahal tersedia di daerahnya. Ini yang menjadi kekhwatiran dan fokus pemerintah untuk memberikan bantuan.

"Akses pendukungnya juga gak ada. Di sisi lain, pun ada di situ kabel terbangun tapi masyarakat gak mampu (RT miskin) pasang sambungan. Jadi daya beli masyarakat juga," jelasnya.



Dari data yang dimiliki Kementerian ESDM, wilayah yang paling banyak belum berlistrik adalah Jawa Timur sebanyak 238.687 rumah tangga. Jumlah di Jatim tersebut lebih banyak dibandingkan Papua 7.670 rumah tangga dan Papua Barat 3.135 rumah tangga.

"Jawa Timur ini paling banyak. Jadi bukan sekadar urusan listrik saja untuk memenuhi rasio elektrifikasi, enggak sekadar urusan energi, tapi sangat tergantung daya beli masyarakatnya. Jatim enggak mampu. Ini dengan asumsi di depan rumahnya sudah ada kabelnya," tutupnya.

Simak video rencana PLN menerbitkan Global Bond di bawah ini.

[Gambas:Video CNBC]


(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading