Sirkuit MotoGP Mandalika Diklaim Setara Singapura & Monaco

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
25 February 2019 17:14
Sirkuit MotoGP Mandalika Diklaim Setara Singapura & Monaco
Jakarta, CNBC Indonesia - Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB), telah ditetapkan sebagai tuan rumah ajang MotoGP tahun 2021. Pemerintah pun bersiap menyongsong perhelatan akbar itu dengan membangun sirkuit MotoGP pertama di Indonesia.

Lantas, bagaimana awal cerita pembangunan sirkuit MotoGP di Mandalika?

Sekretaris Kabinet Pramono Anung saat berbincang dengan wartawan di kantornya mengemukakan latar belakang di balik keputusan pemerintah membangun sirkuit MotoGP di Mandalika.


"Pada saat Presiden mencanangkan Mandalika sebagai salah satu Bali baru, salah satu hal yang menjadi prioritas adalah Mandalika akan menjadi tempat sport pariwisata," kata Pramono, Senin (25/2/2019).

"Selain nanti MotoGP tentunya nanti akan ada sport yang berkaitan dengan laut, pantai, dan sebagainya. Sehingga karena areanya sangat memadai dan kemudian dukungan dari dunia internasional, ini dikaitkan dengan wisata sport," jelasnya.



Dari situ, sambung Pramono, pemerintah pun meyakini sirkuit MotoGP Mandalika bisa menjadi daya tarik, khususnya wisatawan mancanegara. Apalagi, Indonesia pernah menuai kesuksesan ketika penyelenggaran MotoGP di Sentul pada 1997-1998.

"Karena ini dikaitkan dengan pariwisata dan tempatnya juga sangat baik dan race-nya, salah satu race yang cukup baik seperti di Singapura dan Monaco. [...] Kalau terselenggara di 2021, tentu ini sangat positif bagi perkembangan sport dan wisata Indonesia," jelasnya.

Foto: setkab.go.id/


Pramono pun berbicara mengenai sejumlah pagelaran akbar internasional yang digelar di Indonesia. Mulai dari perhelatan Asian Games, Pertemuan Tahunan IMF-World Bank, hingga Moto GP di 2021.

"Indonesia ini kan genetiknya memang menjadi tuan rumah yang baik. Seperti IMF-World Bank sampai hari ini masih jadi pembicaraan di dunia internasional," katanya.

"Kemudian olimpiade. Ini menunjukkan Indonesia bukan lagi negara berkembang, tapi sudah menjadi menengah ke atas. Karena memang Indonesia diprediksi menjadi kekuatan ekonomi baru. [...] Memang ini visi ke depan, untuk menjadi bangsa besar," tegasnya.

Simak video terkait gairah pariwisata RI di bawah ini.

[Gambas:Video CNBC] (miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading