Disinggung Jokowi, Pertamina Turunkan Harga Avtur Sore Ini?

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
12 February 2019 15:58
Disinggung Jokowi, Pertamina Turunkan Harga Avtur Sore Ini?
Jakarta, CNBC Indonesia- Semalam, Presiden Joko Widodo menyinggung PT Pertamina (Persero) terkait harga avtur yang dinilai mahal, dan mengatakan akan memanggil direksi BUMN tersebut untuk membahas harga bahan bakar pesawat.

Di acara makan malam bersama Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia, Jokowi bahkan menyinggung harga avtur Pertamina termasuk yang termahal dibanding negara tetangga.




Terkait hal ini, jajaran direksi Pertamina pun merespons dan berencana menurunkan harga avtur. "Tim sedang bekerja, mudah-mudahan satu dua jam lagi akan ada pengumuman bagus. Berita bagus lah sesuai dengan regulasi," ujar Direktur Pemasaran Ritel Pertamina Masud Khamid saat dijumpai di Kementerian BUMN, Selasa (12/2/2019).

Masud memaparkan harga avtur disesuakan dengan formula baru yang diterbitkan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Keputusan Menteri ESDM Nomor 17 K/10/MEM/2019 tentang Formula Harga Dasar dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis BBM Umum Jenis Avtur yang Disalurkan Melalui Depot Pengisian Pesawat Udara.

Terkait perubahan harga avtur ini, Masud menjelaskan tidak berdampak ke keuangan perusahaan. Sebab keuangan Pertamina terintegrasi dari hulu ke hilir, untuk penjualan avtur masuk di hilir dan memiliki variabel. "Jadi kalau melihat keuntungan Pertamina tidak bisa dari satu sisi hilir saja dari penjualan produk tapi juga dari hulu."


Saksikan video tentang Presiden Jokowi sebut Pertamina monopoli harga avtur
[Gambas:Video CNBC] (gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading