Internasional

Jangan Sedih, Masih Ada Harapan Trump-Xi Jinping Bertemu

News - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
12 February 2019 07:11
Jangan Sedih, Masih Ada Harapan Trump-Xi Jinping Bertemu
Washington, CNBC Indonesia - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump kemungkinan masih bisa bertemu Presiden China Xi Jinping dalam waktu dekat, kata penasihat senior Gedung Putih, Kellyanne Conway, Senin (11/2/2019).

Ia juga memberi harapan akan kemungkinan tercapainya kesepakatan dagang antara kedua negara.

"Mungkin saja... Ia ingin bertemu Presiden Xi secepatnya," kata Conway dalam wawancaranya dengan Fox News, dilansir dari Reuters.


Saat ditanya apakah kedua negara sudah semakin mendekati tercapainya kesepakatan perdagangan, ia menjawab: "Sepertinya begitu, tentu saja."


Axios melaporkan pada hari Minggu dengan mengutip dua sumber di pemerintahan bahwa para penasihat Trump telah secara informal membicarakan kemungkinan mengadakan pertemuan dengan Xi Jinping bulan depan di resor pribadi Trump di Florida, Mar-a-Lago, dilansir dari CNBC International.

Pertemuan itu bisa berlangsung secepatnya di pertengahan Maret, menurut laporan itu. Namun, sumber tersebut mengatakan belum ada persiapan yang telah dilakukan saat ini.

Trump pekan lalu mengatakan rencana pertemuannya dengan Xi tidak mungkin terjadi di awal Maret. Padahal, ia ingin mereka bertemu sebelum perjanjian dagang difinalisasi.

Jika kesepakatan dagang tidak tercapai sebelum tenggat waktu awal Maret mendatang, AS akan menaikkan bea impornya terhadap berbagai produk China serta kembali memanaskan perang dagang di antara keduanya.

Kedua negara kini tengah melangsungkan babak baru perundingan dagang di Beijing setelah pembicaraan pekan lalu di Washington tidak menghasilkan kesepakatan apapun.

Ketidakpastian tersebut membuat Wall Street bergerak grogi, Senin. Dow Jones Industrial Average terkoreksi 0,21%, S&P 500 hanya mampu naik tipis 0,07%, dan Nasdaq Composite bertambah sedikit 0,13%.


(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading