Internasional

Berunding dengan AS, China Pasang Harapan Tinggi

News - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
11 February 2019 15:17
Berunding dengan AS, China Pasang Harapan Tinggi
Beijing, CNBC Indonesia - China berharap dapat meraih hasil positif dari perundingan perdagangan dengan Amerika Serikat (AS), kata kementerian luar negeri negara itu, Senin (11/2/2019).

Hal itu disampaikan juru bicara kementerian Hua Chunying dalam konferensi pers reguler, dilansir dari Reuters.

Di hari yang sama, putaran terbaru perundingan dagang antara dua negara dengan ekonomi terbesar di dunia itu dimulai dengan pertemuan tingkat wakil menteri.


Namun, pada hari Kamis dan Jumat, Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer dan Menteri Keuangan Steven Mnuchin akan menghadiri perundingan dagang tingkat tinggi di Beijing.


Wakil Perwakilan Perdagangan Jeffrey Gerrish yang memimpin delegasi awal itu terlihat meninggalkan hotelnya di pusat kota Beijing Senin pagi tanpa berbicara kepada awak media.

Pembicaraan itu diperkirakan akan berpusat pada upaya AS menekan China agar melakukan reformasi struktural di bidang perlindungan hak kekayaan intelektual.

Washington pada bulan Desember telah menunda rencana untuk menaikkan tarif impor menjadi 25% dari 10% saat ini terhadap barang-barang China senilai US$200 miliar, untuk memberi ruang negosiasi demi menghentikan perang dagang yang telah memicu kekhawatiran akan terjadinya perlambatan ekonomi global.

Perang dagang antara kedua raksasa ekonomi dunia sejak awal tahun lalu itu telah mengguncang pasar keuangan global dan menghambat laju pertumbuhan ekonomi dunia.


Saksikan video mengenai jalan terjal perang dagang berikut ini.

[Gambas:Video CNBC]


(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading