Bagaimana Nasib Apartemen 'Nempel' Stasiun Juanda Cs?

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
08 February 2019 - 16:45
Bagaimana Nasib Apartemen 'Nempel' Stasiun Juanda Cs?
Jakarta, CNBC Indonesia - Pengerjaan proyek hunian berkonsep transit oriented development (TOD) masih jadi salah satu fokus lini bisnis PT Pembangunan Perumahan (PP) Tbk di 2019. Sejumlah proyek serupa yang dikerjakan PT PP sebelumnya juga mengalami hambatan.

Sebut saja TOD Stasiun Juanda dan Tanah Abang, Jakarta. Dua proyek tersebut sudah groundbreaking sejak 10 Oktober 2017 silam, yang diresmikan langsung oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno.

Direktur Utama PT PP, Lukman Hidayat, menyebut sejauh ini proyek TOD tersebut masih berjalan. Bahkan, PT PP juga tengah sedang pengerjaan TOD Stasiun Gubeng, Surabaya, Jawa Timur.

"Kita jalan terus ya yang TOD. Ada di Juanda, Tanah Abang, dan Manggarai. Kita punya juga TOD dengan KAI di Gubeng," ujarnya saat ditemui di Kementerian BUMN, Jumat (8/2/2019).

Terdekat, proyek TOD Juanda yang sempat tertunda bakal kembali digarap. Dia lantas menjelaskan, alasan tertundanya disebabkan beberapa perizinan yang harus diselesaikan. Dalam hal ini, PT KAI disebut sedang memproses penyelesaian izin.


"Nanti ada tiga tower. Tapi dua yang gede, satu untuk kantor. Itu yang di Juanda ya," lanjutnya.

 Bagaimana Nasib Apartemen 'Nempel' Stasiun Juanda Cs?Foto: Rangkaian kereta Commuter Line di Stasiun Manggarai, Jakarta, Jumat (25/1/2019). PT. Kereta Commuter Indonesia (KCI) menutup jalur 10 Stasiun Manggarai tujuan Depok dan Bogor sejak 23 Januari - 8 Maret 2019.(CNBC Indonesia/AndreanKristianto )


Sementara itu, TOD Manggarai masih perlu menunggu pemindahan depo ke lokasi baru. Nilai proyek ini nantinya ditaksir mencapai puluhan triliun.

"Deponya lagi disiapkan KAI. Begitu sudah selesai ya kita pindah. Kalau TOD Tanah Abang sudah jalan," pungkasnya.
Simak video terkait TOD yang dibangun BUMN di bawah ini.

[Gambas:Video CNBC]


(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading