Resmi: Trump Umumkan Malpass Sebagai Calon Bos Bank Dunia

News - Rehia Indrayanti Beru Sebayang, CNBC Indonesia
07 February 2019 11:37
Resmi: Trump Umumkan Malpass Sebagai Calon Bos Bank Dunia
Washington DC, CNBC Indonesia - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump secara resmi mengumumkan David Malpass sebagai kandidat Presiden Bank Dunia. Malpass akan menggantikan Jim Yong Kim yang mengundurkan diri per 1 Februari 2019 lalu.

Seperti dilansir Reuters, Kamis (7/2/2019), Malpass merupakan pendukung setia Trump. Yang unik, Malpass dikenal suka mengkritik lembaga multilateral tersebut. Tak ayal, pencalonan Malpass pun belum berarti akan mulus-mulus saja nantinya.

Amerika Serikat adalah pemegang saham terbesar Bank Dunia, yaitu dengan kepemilikan sebesar 16% dan secara tradisional bias memilih presiden bank. Namun, Jim Yong Kim, Gubernur Bank Dunia yang mengundurkan diri pada 1 Februari, pernah harus bersaing dengan nomine lainnya dari Kolombia dan Nigeria pada pemilihan tahun 2012.



Penunjukan Malpass mengisyaratkan pemerintahan Trump menginginkan kendali yang lebih kuat pada Bank Dunia. Malpass yang merupakan penasihat ekonomi untuk kampanye pemilu Trump pada tahun 2016.

Ia juga merupakan pejabat Kementerian Keuangan AS untuk urusan internasional, posisi yang membuatnya harus mengawasi peran AS di Bank Dunia dan Dana Moneter Internasional (IMF). Ia telah sering mengkritik lembaga tersebut, dan bahkan secara "pedas" dan "menusuk".

Malpass juga telah memaksa Bank Dunia untuk mengurangi pinjaman ke China, yang menurutnya terlalu kaya untuk menerima bantuan ketika negara itu membebani negara-negara miskin dengan utang dalam One Belt One Road.

Tahun lalu, sebagai bagian dari peningkatan modal Bank Dunia senilai US$ 13 miliar (sekitar Rp 182 triliun), Malpass membantu menegosiasikan reformasi yang bertujuan memusatkan kembali sumber daya ke negara-negara termiskin dan mengurangi pinjaman ke China.

"Dia telah berjuang untuk memastikan pembiayaan difokuskan pada tempat dan proyek yang benar-benar membutuhkan bantuan, termasuk orang-orang yang hidup dalam kemiskinan ekstrem," kata Trump dalam mengumumkan pilihannya di Gedung Putih dengan Malpass di sisinya.

Di Gedung Putih, Malpass mengatakan akan bekerja untuk mengimplementasikan reformasi ini dan juga fokus pada pemberdayaan ekonomi perempuan.

"Saya sangat optimis bahwa kita dapat mencapai terobosan untuk menciptakan pertumbuhan di luar negeri yang akan membantu kita memerangi kemiskinan ekstrem dan menciptakan peluang ekonomi di negara berkembang," kata Malpass.

Malpass akan terus berpartisipasi dalam negosiasi perdagangan AS-China saat ia berkampanye untuk kepresidenan Bank Dunia. Dia akan bergabung dengan delegasi yang berangkat ke Beijing untuk melakukan pembicaraan dagang lagi minggu depan, kata seorang pejabat senior pemerintahan Trump.

Tetapi karena agenda perdagangan "America First" Trump dan perang tarif dengan China yang memberi tekanan pada banyak negara berkembang, beberapa pakar pembangunan mengatakan bahwa pencalonan Malpass akan menjadi menemui jalan terjal.

"David Malpass akan memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk meyakinkan pemegang saham lain bahwa dia siap untuk bergerak melampaui pernyataan masa lalu dan rekam jejak ketika membahas agenda Bank Dunia," kata Scott Morris, seorang mantan pejabat Departemen Keuangan AS.

Resmi: Trump Umumkan Malpass Sebagai Calon Bos Bank DuniaFoto: Presiden Donald Trump menyampaikan pidato State of the Union di Capitol di Washington, DC pada 5 Februari 2019. Doug Mills / Pool via REUTERS


Langkah Trump menunjuk Malpass sehari sebelum dewan Bank Dunia memulai proses nominasi, yang akan berlangsung selama sebulan, dipercaya dapat mencegah kemunculan kandidat lainnya. Malpass akan menghormati standar dan kewajiban bank, termasuk inisiatifnya untuk memerangi perubahan iklim, kata pejabat senior pemerintahan Trump.

Malpass pernah bekerja di Departemen Keuangan dan Departemen Luar Negeri selama masa pemerintahan Ronald Reagan dan George H.W. dan di bank investasi Bear Stearns di mana ia menjadi kepala ekonom sebelum perusahaan itu bangkrut pada 2008.
Simak video kronologi perang dagang AS dan China di bawah ini.

[Gambas:Video CNBC] (miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading