Tembok Meksiko sampai Perang Dagang Jadi Topik Pidato Trump

News - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
06 February 2019 06:59
Tembok Meksiko sampai Perang Dagang Jadi Topik Pidato Trump
Washington, CNBC Indonesia - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump bersiap menyampaikan pidato kenegaraan State of the Union Selasa (5/2/2019) malam waktu setempat atau pagi hari ini, Rabu, waktu Indonesia.

Salah satu topik yang kuat diperkirakan akan mendominasi pidatonya adalah masalah pendanaan pembangunan tembok perbatasan dengan Meksiko yang ditentang keras oleh partai oposisi Demokrat. Ia diperkirakan belum akan mendeklarasikan kondisi darurat nasional paling tidak untuk saat ini.



Trump diperkirakan akan mengangkat isu kebijakan imigrasi dalam pidatonya setelah permintaan dana pembangunan tembok senilai US$5,7 miliar ditolak Partai Demokrat danĀ menyebabkan pemerintahan AS ditutup selama 35 hari, menurut polling Reuters/Ipsos.


Jutaan warga Amerika diperkirakan akan menonton pidato tersebut di televisi dan memberi Trump kesempatan terbaik untuk menjelaskan mengapa tembok itu diperlukan. Pidato tersebut telah tertunda seminggu karena penutupan pemerintahan yang berlangsung hingga 25 Januari lalu, dilansir dari Reuters.

Trump terus mendorong pembangunan dinding tersebut termasuk dalam kicauannya di Twitter hari Selasa yang mengatakan "bangun Tembok Manusia bila perlu."

Tembok Meksiko sampai Perang Dagang Jadi Topik Pidato TrumpFoto: Presiden AS Donald Trump bertemu Wakil Perdana Menteri China Liu He di Washington, Kamis (31/1/2019) Foto: REUTERS/Jim Young

Pidato Trump juga diperkirakan akan menawarkan perdamaian dengan lawannya jelang pilpres 2020 dan menargetkan beberapa wilayah isu, seperti pembangunan infrastruktur, menurunkan harga obat dan layanan kesehatan.

Ia juga akan membahas mengenai kebijakan luar negeri, termasuk dukungannya terhadap upaya penggulingan Presiden Venezuela Nicolas Maduro dan perkembangan terkait grup militan Islamic State.



Trump juga diperkirakan akan membeberkan perkembangan terbaru mengenai perundingan dagang dengan China.

Saat ditanya apakah Trump juga akan mengumumkan lokasi pertemuan kedua Trump dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, juru bicara Gedung Putih Sarah Sanders menolak untuk memberi keterangan dalam sebuah wawancara dengan Fox News.


Simak video mengenai gencatan senjata perang dagang AS-China berikut ini.
(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading