Internasional

Dinilai Lancang, PM Kanada Pecat Duta Besar untuk China

News - Bernhart Farras, CNBC Indonesia
27 January 2019 16:18
Dinilai Lancang, PM Kanada Pecat Duta Besar untuk China
Jakarta, CNBC Indonesia - Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau pada Sabtu (26/1/2019) mengatakan telah memecat duta besarnya untuk China, yang mendorong kehebohan politik dengan komentar tentang kasus ekstradisi chief financial officer/ CFO Huawei Meng Wanzhou yang sebelumnya ditahan atas tuduhan pelanggaran sanksi AS terhadap Iran

"Tadi malam Saya meminta dan menerima pengunduran diri John McCallum sebagai duta besar Kanada untuk China," kata Trudeau dalam sebuah pernyataan tanpa menjelaskan alasannya.

Sebelumnya, pada Kamis, kepada wartawan Trudeau mengatakan tidak memiliki rencana untuk menggantikan McCallum karena mengatakan Chief Financial Officer Huawei Technologies Meng Wanzhou dapat membuat argumen yang kuat terhadap ekstradisi ke Amerika Serikat (AS).

Politisi oposisi menuduh McCallum melakukan intervensi politik dalam kasus yang telah merusak hubungan antara Kanada dan China.


Meng ditangkap di Vancouver bulan lalu karena dugaan pelanggaran sanksi AS terhadap Iran. Tiongkok kemudian menahan dua warga negara Kanada dengan alasan keamanan nasional.

Ditanya mengapa McCallum dihapus, juru bicara Trudeau, Eleanore Catenaro menolak berkomentar. (hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading