Voting di Senat AS Temui Jalan Buntu, Shutdown Berlanjut

News - Muhammad Iqbal, CNBC Indonesia
25 January 2019 - 07:54
Voting di Senat AS Temui Jalan Buntu, Shutdown Berlanjut
Washington DC, CNBC Indonesia - Penutupan Pemerintah (government shutdown) Amerika Serikat (AS) yang telah memasuki hari-34 dipastikan masih terus berlanjut. Ini setelah pemungutan suara di Senat AS terkait rancangan anggaran dari Partai Republik maupun Demokrat gagal meraih suara mayoritas.

AFP melaporkan pada Jumat (25/1/2019), proposal terbaru yang didukung Presiden AS Donald Trump untuk mengakhiri shutdown, yang dapat membuka kembali lembaga federal sekaligus menyediakan anggaran US$ 5,7 miliar untuk pembangunan tembok perbatasan AS-Meksiko, tidak mampu memperoleh minimal 60 suara yang dibutuhkan di majelis tinggi. Usulan Demokrat pun demikian.

Para pemimpin senat dari Partai Republik maupun Partai Demokrat telah bertemu pada Kamis (24/1/2019) waktu setempat dalam upaya mengakhiri shutdown. Pemicunya adalah Gedung Putih telah mengisyaratkan mendukung RUU Pendanaan Pemerintah selama tiga pekan demi membuka perundingan keamanan perbatasan.

Setelah pemungutan suara menemui jalan buntu, Pemimpin Mayoritas Senat Mitch McConnell dan Pemimpin Minoritas Senat Chuck Summer segera mengadakan pembicaraan untuk menghasilkan resolusi terbaru.
Voting di Senat AS Temui Jalan Buntu, Shutdown BerlanjutFoto: Pekerja pemerintah yang terkena dampak dari penutupan melakukan protes diam-diam terhadap penutupan sebagian pemerintah yang sedang berlangsung di Capitol Hill di Washington, Rabu, 23 Januari 2019 (AP Photo / Andrew Harnik)

"RUU Pendanaan Pemerintah selama tiga pekan hanya akan berjalan jika ada uang muka untuk pembangunan tembok perbatasan," ujar juru bicara Gedung Putih Sarah Sanders dikutip dari AFP.
Situasi ini membuat nasib 800 ribu pekerja federal semakin tak pasti. Demonstrasi demi demonstrasi yang mereka lakukan seolah tidak didengar oleh Trump maupun para pemangku kepentingan lainnya di Kongres AS.


[Gambas:Video CNBC]



(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading