Catat! Bos Garuda Beberkan Trik Cari Tiket Murah

News - tahir saleh, CNBC Indonesia
15 January 2019 20:49
Catat! Bos Garuda Beberkan Trik Cari Tiket Murah
Jakarta, CNBC Indonesia - Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) Ari Ashkara memberikan beberapa tips bagi konsumen yang ingin mencari tiket penerbangan murah yang disediakan oleh maskapai penerbangan di Tanah Air.

Menurut Ari, implementasi penurunan harga tiket pesawat tidak seluruhnya dilakukan di semua jam. Artinya untuk jam-jam dengan permintaan tinggi atau prime time penurunan tidak signifikan.

Sebab itu, konsumen masih memiliki kesempatan untuk mendapatkan tiket murah karena dalam setiap penerbangan ada alokasi sekitar 30% dari maskapai untuk slot tiket murah bagi masyarakat.

"Untuk cari tiket murah, cari di travel agent online, bisa bandingkan, di-filter harga termurah pada jam-jam tertentu. Contoh, Jakarta-Surabaya, itu jam 3 lewat [subuh] murah. Kalau enggak ketemu hari itu, bisa dicek hari berikutnya, atau minggu depannya," kata Ari dalam talkshow ekslusif dengan CNBC TV Indonesia, Selasa (15/1/2019).

Ari yang juga Ketua Indonesia National Air Carriers Association (INACA) ini mengatakan ada baiknya bagi konsumen untuk memesan tiket jauh-jauh hari agar mendapatkan harga tiket terbaik. 

"Bisa diperoleh untuk variasi waktu jauh-jauh hari sebelumnya, [tiket murah] itu untuk semua rute, tapi jam-jam tertentu saja. Lihat saja langsung travel agent online, mulai dari Traveloka, Tiketcom, atau Bukalapak, dan lainnya. Kami tak ada yang sembunyikan, itu bukan gimmick. Yang kami sampaikan bahwa ada 30% kapasitas flight yang akan dijual murah hingga 60%."
 
Mulai Jumat pekan lalu, INACA berkomitmen untuk menurunkan tarif tiket penerbangan dengan angka bervariatif, antara 50 hingga 60%. Sekretaris Jenderal INACA Tengku Burhanuddin pada pekan lalu mengatakan, penurunan harga tiket pesawat tak lepas dari bantuan para mitra di antaranya PT Angkasa Pura I (Persero) dan PT Angkasa Pura II (Persero).


(miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading