PHE Target Produksi Migas Naik, Jadi 218 MBOEPD di 2019

News - Anastasia Arvirianty, CNBC Indonesia
14 January 2019 - 18:19
PHE Target Produksi Migas Naik, Jadi 218 MBOEPD di 2019
Jakarta, CNBC Indonesia- PT Pertamina Hulu Energi (PHE) menargetkan peningkatan produksi minyak dan gas yang cukup signifikan, yakni sebesar 218 MBOEPD, naik dari target tahun lalu yang sebesar 204 MBOEPD.

Lebih detil, target untuk produksi minyak di tahun ini mencapai 79 MBOPD, sedangkan untuk gas target produksinya sebesar 804 MMSCFD.




Direktur Utama PHE Meidawati mengakui, target PHE di tahun 2019 memang cukup menantang. Namun, target produksi PHE di 2019 tersebut turut memberikan kontribusi bagi sektor hulu PT Pertamina (Persero). Ia menuturkan, untuk produksi minyak memberikan kontribusi 19% atau 79 MBOPD dari target 414 MBOPD. 

"Untuk gas, PHE memberikan kontibusi sebesar 27% atau 804 MMSCFD dari target 2.944 MMSCFD. Kemudian untuk migas, PHE memberikan kontribusi 218 MBOEPD, dari target sebesar 922 MBOEPD atau sebesar 24%," jelas Meidawati melalui keterangan resminya di Jakarta, Senin (14/1/2019).

Merinci lebih jauh, Meidawati menuturkan, strategi PHE guna mencapai target tersebut, yakni melalui: 

-HSSE & Sustainability Assurance Strategy
-Human Capital Development 
-Efektifitas program kerja 
-Peningkatan produksi & lifting Migas
-Pengawasan proyek 
-Komersialisasi gas 
-Preventive action untuk kasus hukum 
-Percepatan status eksplorasi untuk peningkatan cadangan 
-Penyelesaian perpajakan Partnership & Stakeholder Relations 

Hal di atas, lanjutnya, tercermin dengan meningkatnya jumlah rencana kerja yang akan dieksekusi tahun 2019. Di antaranya pengeboran eksplorasi sebanyak 13 sumur, pemboran development 45 sumur, workover 47 sumur.

Sedangkan, tantangan juga dihadapi perusahaan dalam mengelola blok-blok migas, khususnya blok migas terminasi.

"Tantangan itu pasti ada. Tantangan yang pertama adalah reservoir itu sendiri, dimana decline yang cukup tinggi. Kedua, fasilitas produksi sudah tua, dan ketiga adalah faktor sumber daya manusia," sebutnya.

Ia menuturkan, untuk mengurangi decline rate, perusahaan akan melakukan well intervention perbaikan pada fasilitas produksi. Sedangkan terkait permasalahan sumber daya manusia, Meidawati mengatakan, PHE akan mengatur kembali bagaimana pola recruitment terhadap SDM yang sebelumnya mengelola blok-blok terminasi untuk bergabung dengan Pertamina, sesuai dengan aturan perjanjian kerja bersama (PKB) yang ditetapkan oleh PT Pertamina (Persero).

Adapun, untuk pencapaian kinerja PHE di 2018, tercatat mengalami peningkatan dibandingkan 2017. Dari segi produksi minyak, PHE mampu mencapai produksi minyak sebesar 69 MBOPD atau 99% dari target 70 MBOPD. Sedangkan untuk gas, dari target produksi sebesar 771 MMSCFD, PHE bisa mencapai 795 MMSCFD atau 103%.

"Sementara itu, untuk migas, dari target 204 MBOEPD, PHE berhasil mencapai 206 MBOEPD atau 101%. Sedangkan untk laba bersih PHE mencapai US$ 470 juta," pungkas Meidawati.

[Gambas:Video CNBC] (gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading