Terjawab Sudah ke Mana Bos Bank Dunia Berlabuh

News - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
09 January 2019 07:36
Terjawab Sudah ke Mana Bos Bank Dunia Berlabuh
Jakarta, CNBC Indonesia - Teka-teki ke mana Presiden Grup Bank Dunia (World Bank Group) Jim Yong Kim akan berlabuh setelah mengundurkan diri dari posisinya saat ini terjawab.

Pria berusia 59 tahun yang akrab dipanggil Jim Kim itu bergabung dengan fund manager bernama Global Infrastructure Partners (GIP) sebagai partner dan wakil chairman, menurut pernyataan lembaga tersebut yang dikutip Reuters, Rabu (9/1/2019).



Menurut keterangan di situs web GIP, lembaga tersebut merupakan fund manager independen di bidang infrastruktur. Equity fund perusahaan, yaitu Global Infrastructure Partners III, telah berinvestasi di beberapa aset infrastruktur di bidang energi, transportasi, dan pengolahan sampah.


GIP mengelola dana senilai lebih dari US$51 miliar (Rp 719 triliun) bagi para investornya. Selain itu, perusahaan-perusahaan dalam portofolio GIP memiliki nilai gabungan pendapatan tahunan lebih dari US$46 miliar dan mempekerjakan 52.000 orang lebih.


Kim yang telah menjadi presiden Bank Dunia sejak 2012 akan menduduki jabatan barunya itu mulai 1 Februari mendatang.

Dokter kelahiran Korea Selatan itu mundur dari Bank Dunia hari Senin, lebih dari tiga tahun sebelum masa jabatannya usai di 2022.

Terjawab Sudah ke Mana Bos Bank Dunia BerlabuhFoto: Presiden Joko Widodo (kanan) berjabat tangan dengan Presiden Grup Bank Dunia Jim Yong Kim (kiri) saat Asean Leaders Gathering di sela-sela rangkaian Pertemuan Tahunan IMF World Bank Group 2018 di Nusa Dua, Bali, Kamis (11/10). (ICom/M Agung Rajasa)

Sebelum bergabung dengan lembaga yang bermarkas di Washington, Amerika Serikat (AS) itu, Kim adalah seorang dokter dan antropolog. Ia menjabat sebagai Presiden di Dartmouth University dan menjadi profesor di Harvard Medical School dan Harvard School of Public Health.

Saat menjadi presiden di Darmouth University, pria berusia 59 tahun itu menjadi orang Asia-Amerika pertama yang menduduki jabatan presiden di kampur Ivy League AS, dikutip dari Forbes.


[Gambas:Video CNBC]




(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading