Sri Mulyani Bicara Mundurnya Bos Bank Dunia, Simak!

News - Iswari Anggit & Samuel Pablo, CNBC Indonesia
08 January 2019 12:18
Sri Mulyani Bicara Mundurnya Bos Bank Dunia, Simak!
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati angkat bicara mengenai mundurnya Jim Yong Kim sebagai presiden Grup Bank Dunia (World Bank/ WB), mantan rekan kerjanya saat ia masih bertugas di lembaga internasional tersebut.

Mantan direktur pelaksana Bank Dunia itu meminta agar keputusan Kim tersebut dihormati.




"Beliau menyampaikan ingin bekerja di bidang infrastruktur karena ini sesuai dengan yang Beliau bayangkan akan lebih berguna bagi banyak negara berkembang di dunia," ujarnya di sela-sela acara Outlook Perekonomian 2019 di Jakarta, Selasa (8/1/2019).

"Saya rasa apa yang diputuskan Presiden Kim dihormati saja. Indonesia sebagai salah satu anggota world Bank berharap tentunya lembaga ini bisa terus dijaga dari sisi misinya untuk terus mengurangi kemiskinan di dunia dan terus meningkatkan pemerataan kesejahteraan," tambahnya.

Dalam pernyataan yang dirilis, Senin waktu setempat, lembaga yang bermarkas di Washington, Amerika Serikat (AS) itu menyatakan pengunduran diri Kim efektif mulai 1 Februari mendatang atau lebih dari tiga tahun jelang berakhirnya masa jabatannya di 2022.

Pernah Kerja Bareng, Sri Mulyani Bicara Mundurnya Presiden WBFoto: Media Breafing Annual Meeting 2018 Summary (CNBC Indonesia/Chandra Gian Asmara)

Ia disebut akan bergabung dengan sebuah firma yang fokus meningkatkan investasi infrastruktur di negara-negara berkembang, kata Bank Dunia tanpa menjelaskan lebih lanjut mengenai jabatan Kim.

Kim, 59 tahun, yang merupakan seorang dokter dan advokat kesehatan publik, dinominasikan oleh mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama untuk masa jabatan pertama dan kedua. Kim telah mendorong pembiayaan untuk berbagai proyek energi ramah lingkungan dan menarik dukungan terhadap investasi berbahan bakar batu bara namun telah menghindar dari perdebatan terbuka dengan pemerintahan Donald Trump.

Pernah Kerja Bareng, Sri Mulyani Bicara Mundurnya Presiden WBFoto: Infografis/Sepak Terjang Menkeu Terbaik Dunia/Arie Pratama

Ia sempat berbeda pendapat dengan kebijakan perubahan iklim yang dijalankan pemerintahan Trump.

Dua orang yang mengetahui pemberitahuan Kim kepada dewan eksekutif Bank Dunia mengatakan ia mundur atas kemauannya sendiri dan bukan karena dipaksa oleh pemerintahan Trump, CNBC International melaporkan.

Dalam beberapa kesempatan di sela-sela pertemuan tahunan IMF-WB di Bali Oktober lalu, Kim berulang kali memuji kinerja Sri Mulyani yang pernah bekerja bersamanya di Bank Dunia.



"Perekonomian Indonesia sangat solid. Saya memiliki keyakinan yang kuat terhadap [Menteri Keuangan] Sri Mulyani," ujarnya saat ditanya mengenai kemampuan Indonesia menghadapi berbagai tantangan global dalam konferensi pers peluncuran Indeks Modal Manusia atau Human Capital Index (HCI) di sela-sela pertemuan IMF-WB Annual Meetings di Nusa Dua, Bali, Kamis (11/10/2018).

"Ia [Sri Mulyani] pernah bekerja dengan saya di Bank Dunia dan saya kira pengelolaan ekonominya baik," tambah Kim. (prm/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading