Ini 20 Crazy Rich Dunia, Paling Buncit Punya Harta Rp 495 T

News - Iswari Anggit, CNBC Indonesia
05 January 2019 13:22
Ini 20 Crazy Rich Dunia, Paling Buncit Punya Harta Rp 495 T
Jakarta, CNBC Indonesia - Business Insider kembali menyajikan urutan data orang kaya di dunia dengan menggabungkan data dari Bloomberg Billionaires Index. Dalam artikel aslinya, Bussines Insider merilis 50 nama orang terkaya di dunia dan mereka yang masuk dalam daftar ini, memiliki kekayaan minimal US$ 17 miliar.

Dalam artikel ini, CNBC Indonesia hanya mengambil 20 orang paling kaya sejagat yang nilai kekayaannya paling kecil US$ 34,8 miliar. Namun sayangnya belum ada nama crazy rich dari Indonesia yang masuk daftar.

Daftar orang terkaya ini merupakan data terupdate yang dikeluarkan pada Jumat (4/1/2019). Hebatnya, sebagian besar milyarder dalam daftar ini, memupuk kekayaan mereka dari bisnis yang dimulai sendiri, dari nol. Meskipun ada sebagian kecil yang juga meneruskan bisnis keluarga.

Ini daftar 20 orang terkaya segajad yang dirangkum CNBC Indonesia:


1. Jeff Bezos
Foto: Jeff Bezos (REUTERS/Gus Ruelas)

Orang terkaya nomor satu di dunia, ternyata pendiri pasar online Amazon.com. Pria berusia 54 tahun ini, menciptakan Amazon.com di garasi rumahnya, di Seattle, pada tahun 1994. Kekayaan Jeff Bezos saat ini mencapai US$ 125 miliar.

2. Bill Gates
Foto: Bill Gates pendiri Microsoft (REUTERS/Francois Lenoir)

Siapa yang tak kenal Bill Gates? Ya pendiri Microsoft ini, ternyata telah berusia 63 tahun, saat dinobatkan sebagai orang terkaya nomor dua di dunia. Bill Gates mendirikan Microsoft bersama temannya Paul Allen ini, dan perusahaan teknologi ini telah membuatnya memiliki kekayaan senilaiĀ US$ 89,5 miliar.
3. Warren Buffett
Foto: Warren Buffett pemilik perusahaan pembangkit listrik terbesar bernama Berkshire Hathaway (REUTERS/Rick Wilking)

Pria warga negara Ameria ini, adalah pemilik perusahaan pembangkit listrik terbesar bernama Berkshire Hathaway. Siapa sangka, orang terkaya nomor tiga di dunia ini, dulunya pernah ditolak oleh Harvard Business School.

Penolakan ini tak lantas membuatnya putus asa, Warren memutuskan pergi ke Columbia dan belajar dengan Benjamin Graham. Seperti pepatah, usaha tak akan mengkhianati hasil, inilah posisi Warren sekarang, dengan kekayaan yang mencapai US$ 78,7 miliar.
4. Bernard Arnault
Foto: Bernard Arnault pemilik brand mewah Christian Dior (REUTERS/Benoit Tessier)

Nama pria asal Perancis ini mungkin cukup asing bagi sebagian orang. Bernard Arnault adalah pemilik brand mewah Christian Dior. Kiprahnya di dunia fashion tak perlu diragukan lagi, pasalnya, pria berusia 69 tahun ini juga menjadi ketua LVMH Moet Hennessy Louis Vuitton, yang menampung puluhan brand mewah lainnya. Kekayaan Bernard saat ini mencapai US$ 66,1 miliar.

5. Amancio Ortega
Foto: Amancio Ortega (Reuters)

Tahukah Anda dengan brand Zara, Massimo Dutti, Oysho, dan lainnya? Ya, brand-brand retail yang telah tersebar hampir di seluruh penjuru dunia ini ternyata berada di bawah kepemimpinan Amancio Ortega. Pria asal Spanyol ini pun diketahui memiliki kekayaan senilaiĀ US$ 57,7 miliar, yang membawanya menjadi orang terkaya kelima di dunia.

6. Carlos Slim
Foto: Carlos Slim pemilik Grupo Carso asal Meksiko (REUTERS/Henry Romero)

Carlos Slim merupakan seorang konglomerat asal Mexico, pemilik Grupo Carso. Pria asal Mexico ini juga memimpin America Movil, yang merupakan perusahaan operator mobile phones terbesar di America Latin. Meski usianya telah memasuki 78 tahun, kekayaan yang dimiliki Carlos Slim mencapai US$ 56 miliar.
7. Mark Zuckerberg
Foto: REUTERS/Leah Millis

Nama Mark Zuckerberg tentu sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar orang. Ya, dia adalah pendiri aplikasi sosial media ternama, Facebook. Dibanding enam orang terkaya lainnya dalam daftar ini, usia Mark terbilang muda, yakni 34 tahun. Tapi, di usianya yang masih muda ini, Mark telah sukses dan memiliki kekayaan senilai US$ 52,3 miliar.

8. Larry Page
Foto: Larry Page CEO Alphabet (perusahaan yang memiliki Google). (REUTERS/Eduardo Munoz)

Larry Page menemukan search engine yang paling sering menjadi acuan orang ketika 'berselancar' di dunia maya, bernama Google. Dia menemukan Google bersama rekannya Sergey Brin pada tahun 1998. Pria asal Amerika ini, sekarang menempati posisi sebagai CEO Alphabet (perusahaan yang memiliki Google). Kekayaannya kini mencapai US$ 50,5 miliar.

9. Sergey Brin
Foto: Sergey Brin Presiden perusahaan Alphabet, sekaligus rekan Larry Page dalam menemukan Google (REUTERS/Andrew Kelly)

Presiden perusahaan Alphabet, sekaligus rekan Larry Page dalam menemukan Google ini, menduduki posisi orang terkaya nomor sembilan di dunia. Pria paruh baya ini, diketahui memiliki kekayaan US$ 49,1 miliar.

10. Larry Ellison
Foto: Larry Ellison, Oracle's Executive Chairman of the Board and Chief Technology Officer (REUTERS/Robert Galbraith)

Larry Ellison bersama dua rekannya, pada tahun 1977 memulai perusahaan pemrograman yang dikenal dengan Oracle Corp. Perusahaan ini juga telah menandatangani kontrak dengan CIA untuk membangun sistem manajemen basis data relasional.

Ternyata, Oracle Corp menjadi perangkat lunak terbesar kedua setelah Microsoft, dan berhasil menghantarkan pria asal Amerika ini menempati posisi ke-10 orang terkaya di dunia, dengan kekayaan yang mencapai US$ 48,9 miliar.

11. Francoise Bettencourt Meyers
Foto: Francoise Bettencourt Meyers ahli waris atas perusahaan kosmetik L'Oreal (REUTERS/Regis Duvignau)

Francoise Bettencourt Meyers merupakan ahli waris atas perusahaan kosmetik L'Oreal. Saat ini, dia memimpin 33% perusahaan. Kekayaan yang dimilikinya mencapai US$ 45,1 miliar.

12. Jim Walton
Foto: Jim Walton putra bungsu dari pendiri Walmart, Helen dan Sam Walton (REUTERS/Rick Wilking)

Pria asal Amerika ini, merupakan putra bungsu dari pendiri Walmart, Helen dan Sam Walton. Dia saat ini mengelola Walton Enterprises, yang merupakan perusahaan induk untuk aset keluarga Walton. Kekayaannya pun mencapai US$ 44 miliar.

13. Rob Walton
Foto: Rob Walton anak tertua dari pendiri Walmart (Reuters)

Pria dengan nama lengkap Samuel Robson Walton ini merupakan anak tertua dari pendiri Walmart. Tidak jauh berbeda dengan adiknya, kekayaan yang dimiliki Rob juga terbilang fantastis, yakni senilai 43,8 milyar dolar.

14. Michael Bloomberg
Foto: Michael Bloomberg pemilik sekaligus pendiri perusahaan media penyaji data ekonomi, Bloomberg (REUTERS/Carlos Jasso)

Sesuai dengan namanya, pria asal Amerika ini merupakan pemilik sekaligus pendiri perusahaan media penyaji data ekonomi, Bloomberg. Kekayaan pria berusia 76 tahun ini, tercatat senilai US$ 43,4 miliar.

15. Mukesh Ambani
Foto: Mukesh Ambani Direktur Pelaksana Reliance Industri (REUTERS/B Mathur)

Setelah ayahnya meninggal, pria asal India ini mengambil alih perusahaan keluarganya, Reliance Industries. Saat ini, pria berusia 61 tahun ini, mengontrol 40% perusahaan keluarganya, yang memiliki penyulingan minyak terbesar di dunia. Tak heran, kekayaannya kini mencapai US$ 43 miliar.

16. Charles Koch
Foto: Charles Koch, CEO Koch Industries (REUTERS/Koch Brothers)

Charles Koch merupakan CEO Koch Industries. Dia menjalankan perusahaan ini bersama saudaranya, David. Selain konglomerat mereka, kedua bersaudara ini memiliki pengaruh besar di dunia politik. Kekayaan yang dimilikinya, saat ini mencapai US$ 42,9 miliar dolar.

17. David Koch
Foto: David Koch executive vice president dari Koch Industries (REUTERS/Carlo Allegri)

David Koch merupakan executive vice president dari Koch Industries, sebuah perusahaan industri manufaktur yang memproduksi, memurnikan, dan mendistribusikan berbagai hal, termasuk bahan kimia, energi, mineral, dan masih banyak lagi. Tidak jauh berbeda dengan saudaranya, Charles, kekayaan pria berusia 78 tahun ini, senilai US$ 42,9 miliar.

18.AliceWalton
Foto: Alice Walton keluarga Walton (REUTERS/Rick Wilking)

Lagi-lagi keluarga Walton menempati daftar orang terkaya di dunia. Meski belum memegang peranan utama dalam kerajaan swalayan Walmart, namun perempuan berusia 69 tahun ini sudah memiliki kekayaan sebesar US$ 42,6 miliar.

19. Steve Ballmer
Foto: Steve Ballmer

Steve Ballmer keluar dari sekolah bisnis di Stanford untuk menjadi manajer bisnis pertama Microsoft dengan gaji US$ 50.000 dan salah satu pemegang saham di perusahaan. Dia sempat menjadi CEO setelah Bill Gates mengundurkan diri dan memegang jabatan itu sampai Satya Nadella menggantikannya pada tahun 2014. Kekayaannya kini mencapai US$37,3 miliar.

20. Jack Ma
Foto: Jack Ma (REUTERS/Amir Cohen)

Jack Ma memulai perusahaan e-commerce Alibaba hanya dengan US$ 60.000 pada tahun 1999. Lima belas tahun kemudian, ia memecahkan rekor dengan penawaran publik perdana senilai $ 25 miliar. Kesuksesan Alibaba, membawa pria asal Cina, yang saat ini kerap menjadi motivator, memiliki kekayaan senilai US$ 34,8 miliar. (hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading